Jakarta (ANTARA) - Minyak kastor memiliki banyak manfaat terutama untuk perawatan rambut secara alami, namun untuk memastikan apakah cocok digunakan di kulit kepala Anda sebaiknya dilakukan uji coba pada bagian kulit lain terlebih dahulu. 

Melalui elle.com (9/6), salah satu pendiri & direktur kreatif jenama perawatan rambut ayurveda Fable & Mane, Nikita Mehta mengatakan minyak kastor merupakan obat tertua dan terpopuler untuk rambut. Teksturnya yang kental karena kaya akan asam lemak dapat menutrisi dan melembabkan rambut.
 
“Terbukti melapisi batang rambut, mengurangi kerusakan dan membantunya tumbuh lebih lama dan lebih kuat,” kata Mehta.
 
Dokter spesialis kulit dan ahli pemulihan rambut, dr. Nikki Hill mengatakan minyak kastor merupakan minyak nabati kaya nutrisi dari biji jarak. Minyak kastor biasanya berwarna bening atau kuning pucat, kecuali jika diperoleh melalui pemanggangan atau perebusan (minyak kastor hitam).
 
Asam lemak di dalamnya berfungsi sebagai antiinflamasi pada rambut, meningkatkan kilap atau kilau rambut, dan meningkatkan kelenturan batang rambut. Minyak kastor secara tidak langsung juga dapat meningkatkan pertumbuhan pada rambut.
 
“Ia (minyak kastor) melindungi folikel rambut dari penyerang seluler dan jaringan luar yang merusak kesehatan dan vitalitas folikel rambut,” kata Hill.

Baca juga: Ini tips membuat rambut wangi sepanjang hari untuk musim panas
 
Sebelum menggunakannya secara keseluruhan di rambut, lakukan uji coba terlebih dahulu dengan mengoleskan sedikit minyak di belakang telinga atau lengan atas bagian dalam selama seminggu. Hal ini agar dapat diketahui apakah minyak kastor cocok digunakan di kulit kepala atau tidak.
 
Jika dirasa cocok dan tidak menimbulkan efek negatif, Hill juga menyarankan aturan pemakaian minyak kastor untuk beberapa jenis rambut, yakni:

Rambut lurus halus hingga sedang
 
Gunakan minyak kastor sebagai perawatan sebelum keramas untuk membantu menghilangkan kusut. Tuang minyak ke atas kepala secukupnya, lalu keramasi rambut secara menyeluruh hingga bersih.
 
Rambut lurus atau bergelombang sedang hingga tebal
 
Gunakan minyak ke seluruh kepala secukupnya. Diamkan sejenak dan penambahan uap panas dari alat khusus dapat membantu minyak menutrisi hingga kulit kepala.

Baca juga: Singkirkan ketombe dengan inovasi baru perawatan rambut
 
Rambut ikal bergelombang
 
Campurkan minyak kastor dengan kondisioner atau pelembut rambut secukupnya. Gunakan ke seluruh kepala setelah keramas, lalu bilas hingga bersih. Campuran tersebut dapat digunakan di musim panas dan cuaca ekstrem seperti saat ini untuk membantu rambut tetap ternutrisi.
 
Rambut keriting
 
Gunakan minyak kastor sebagai perawatan sebelum keramas, perawatan tambahan, atau sebagai pelembab. Disarankan untuk menggunakan sampo detoks atau sampo yang dapat membersihkan rambut hingga kulit kepala karena minyak kastor cenderung berat saat digunakan di rambut jenis ini.
 
Namun, jika pada rambut terdapat ketombe, sebaiknya hindari penggunaan minyak kastor. Hal ini dapat memperparah ketombe pada kulit kepala, sehingga pastikan rambut terbebas dari ketombe saat menggunakannya.

Baca juga: Warna rambut pastel bisa buat penampilan lebih segar

Penerjemah: Vinny Shoffa Salma
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023