Jakarta (ANTARA) - Unit musik Efek Rumah Kaca (ERK) dengan dipromotori Plainsong Live, akan mempresentasikan seluruh materi di album terbaru mereka "Rimpang" untuk kali pertama secara live di Stadion Tennis Indoor Jakarta, Kamis, 27 Juli 2023 mendatang.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat (9/6), rencananya, ERK akan memainkan sebuah set panjang dengan durasi minimal 150 menit dari seluruh lagu di album "Rimpang" dengan tambahan materi-materi lama.

"Rimpang" adalah album penuh keempat dari kelompok musik yang beranggotakan Cholil Mahmud (vokal), Poppie Airil (bass), Akbar Bagus Sudibyo (drums), dan Reza Ryan (gitar). Dirilis pada 27 Januari 2023, album ini berisi 10 lagu yang digarap dengan pendekatan yang lebih kompleks tapi segar.

Baca juga: Bertema kritik-otokritik, Efek Rumah Kaca rilis album keempat

Sedangkan Plainsong Live merupakan promotor asal Jakarta yang dikenal luas karena festival penuh kesenangan, Joyland Festival. 

"Plainsong Live adalah sekumpulan orang yang sama seperti banyak sekali penggemar musik di Indonesia, yang menggandrungi Efek Rumah Kaca dengan kadar yang tidak wajar. Jadi, ketika ada peluang untuk menggelar Pertunjukan 'Rimpang', ya langsung kami buat saja," ujar Ferry Darmawan dari Plainsong Live.

Ferry menambahkan bahwa pertunjukan "Rimpang" adalah sebuah konser yang dibuat oleh sekumpulan penggemar bagi banyak penggemar lain. Pihaknya tidak melakukan promosi yang masif pada penjualan perdana lalu.

"Secukupnya saja via media sosial, tapi disambut publik dengan sangat antusias. Per 1 Juni 2023, kami sudah menjual 60 persen tiket dari kapasitas yang tersedia. Beberapa kelas tiket bahkan sudah terjual habis," tambahnya.

Baca juga: Sambut Hari Musik Nasional dengan meriahnya rilisan musik lokal

Pada penampilan live nanti, band ini mempunyai sejumlah musisi tambahan yang sudah bermain bersama selama beberapa tahun terakhir yaitu Agustinus Panji Mahardika, Cempaka Surakusumah, Gracia Andrea, Irma Hidayana, Muhammad Asranur, dan Nastasha Abigail.

Pertunjukan "Rimpang" akan menjadi kesempatan perdana bagi ERK untuk memainkan materi-materi dari album tersebut. Ini juga berarti jadi pengalaman eksklusif bagi penonton guna menyaksikannya secara penuh untuk kali pertama.

Gelaran konser mendatang direncanakan akan menampung penonton pada ruangan berkapasitas 4.000 orang. Calon penonton kini hanya tinggal bisa memilih kelas tipe Festival (Rp 388.000,-), Tribune B (Rp 358.000,-), Tribune C (Rp 298.000,-) di www.plainsonglive.id/erk. Kelas lain sudah habis terjual dan tidak tersedia lagi.

Baca juga: Efek Rumah Kaca akan "cicipi" gedung baru di Taman Ismail Marzuki

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023