Kami yakin bahwa kemitraan ini akan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kesuksesan proyek chemical enhanced oil recovery di masa depan di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - PT Elnusa Tbk (Elnusa) melalui anak usahanya, yakni PT Elnusa Petrofin, menandatangani perjanjian kerja sama dengan SNF SAS Prancis terkait distribusi eksklusif untuk proyek polymer injection enhanced waterflooding periode 2023-2026.

Kerja sama tersebut juga sebagai wujud Elnusa Petrofin mendukung pemerintah dalam mencapai target produksi minyak satu juta barel pada 2030.

"Kami sangat antusias dengan kerja sama dengan SNF SAS dan kami yakin bahwa kemitraan ini akan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kesuksesan proyek chemical enhanced oil recovery di masa depan di Indonesia," ucap Direktur Utama Elnusa Petrofin Aditya Budi Prabowo lewat keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Penandatanganan dilakukan Aditya dan CEO SNF SAS Pascal Remy di Kantor Pusat SNF di Andrezieux, Prancis, Jumat (9/6/2023).

Acara tersebut juga dihadiri Senior Vice President Research Technology & Innovation (RTI) di PT Pertamina (Persero) Oki Muraza, Direktur Operasi PT Elnusa Charles Harianto Lumbantobing, dan Technical Sales Director SNF SAS Flavien Gathier.

"SNF SAS menyambut baik kerja sama jangka panjang dengan PT Elnusa Petrofin dan sepenuhnya mendukung implementasi chemical enhanced oil recovery (C-EOR), khususnya polymer injection (enhanced waterflooding) di Indonesia," ujar Flavien Gathier.

Elnusa Petrofin menyebut kerja sama dalam proyek polymer injection enhanced waterflooding bertujuan untuk meningkatkan pemulihan minyak dan mengoptimalkan produksi di lapangan minyak. Adapun teknologi merupakan teknologi yang mature dan telah diimplementasikan di banyak tempat.

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan kunjungan ke laboratorium dan pabrik kimia SNF SAS untuk memastikan kualitas dan kapasitas produk sesuai dengan kebutuhan.

Kerja sama antara Elnusa Petrofin dan SNF SAS juga sejalan dengan visi bersama dan meningkatkan pemahaman tentang implementasi polymer injection enhanced waterflooding di wilayah kerja Pertamina Group.

Selain itu, Elnusa Petrofin menyatakan kunjungan tersebut juga bertujuan untuk memastikan pasokan yang dapat diandalkan dan produk polimer berkualitas tinggi serta peralatan injeksi yang diperlukan untuk proyek polymer injection enhanced waterflooding.

Oleh karena itu, Elnusa Petrofin menilai kerja sama tersebut merupakan langkah maju dan besar dalam industri minyak dan gas, menggabungkan keahlian dan sumber daya Elnusa Petrofin dan SNF SAS untuk mengoptimalkan produksi minyak dan memenuhi permintaan energi yang terus meningkat di Indonesia.

Keberhasilan implementasi proyek polymer injection enhanced waterflooding akan menjadi tolok ukur bagi inisiatif C-EOR di masa depan, khususnya di Indonesia.

Baca juga: Elnusa bagikan dividen Rp189 miliar, setara 50 persen dari laba bersih
Baca juga: Elnusa catat Rp115 miliar laba bersih triwulan I 2023
Baca juga: Aksi penghijauan Elnusa tanam 4.490 bibit magrove di lahan 40 hektare

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023