Lampung menjadi juara umum karena menjadi pemenang dari beragam perlombaan
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mengumumkan bahwa Lampung menjadi juara umum pada kegiatan Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) XXIV Tahun 2023.

"Lampung menjadi juara umum karena menjadi pemenang dari beragam perlombaan," kata Kepala Pusat Daya Saing Kemendes PDTT Helmiati Nuhung dalam keterangan, di Jakarta, Sabtu.

Helmiati Nuhung merinci bahwa Lampung meraih Juara 3 dalam Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna dan meraih Juara 1 pada lomba Teknologi Tepat Guna Unggulan.

Selanjutnya Lampung Juara 1 Lomba Cepat Tepat (LCT) Nusantara, Juara 1 Lomba Stan, Juara 2 Lomba Posyantek Desa Berprestasi, serta Juara Terbaik dan Juara 2 Fashion Show.

"Trofi juara umum menunjukkan keunggulan Provinsi Lampung pada Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara tahun ini. Tentu, ini dimulai persiapan yang baik," kata Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Kemendes PDTT Ivanovich Agusta.

Baca juga: Mendes: Gelar Teknologi Tepat Guna bisa menjadi motivasi inovator desa
Baca juga: Transaksi teknologi tepat guna pada pameran GTTGN capai Rp2,1 miliar


Acara Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara merupakan upaya Kemendes PDTT untuk menggenjot inovasi dan teknologi yang lahir dari desa. Hal ini lantaran inovasi dan teknologi diyakini menjadi faktor percepatan kemajuan desa.

Ivanovich Agusta menuturkan lomba GTTGN memperlihatkan rivalitas positif untuk memancing inovasi teknologi lebih lanjut.

Pihaknya pun menjamin jika para pemenang adalah yang terbaik dari seluruh peserta yang ikut GTTGN tahun ini.

Seluruh pemenang GTTGN tingkat nasional mendapatkan piagam penghargaan, dana, serta dukungan penuh untuk mendapatkan hak paten atas teknologinya.

Selain itu pemenang difasilitasi unit usaha BUM Desa untuk mendapatkan nomor izin berusaha, sehingga teknologi tepat guna karya pemenang terbuka untuk dikembangkan dan dipasarkan ke seluruh dunia.

Baca juga: Aryanto, inovator teknologi tepat guna pembangun desa di Lampung
Baca juga: Pemprov Lampung ajak perguruan tinggi kembangkan teknologi di desa
Baca juga: Mendes PDTT optimistis tidak ada lagi desa tertinggal di Lampung

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023