...biasanya baru akhir masa penutupan banyak pendaftar
Jakarta (ANTARA News) - Komisi Yudisial (KY) baru menerima 14 orang yang mendaftarkan diri mengikuti seleksi calon hakim agung (CHA) periode pertama Januari 2013.

"Sampai hari ini (Jumat 15/2), baru ada 14 orang," kata Kepala Biro Seleksi Hakim KY Heru Purnomo, di sela acara Pelatihan Tematik Ekonomi Syariah bagi Hakim Agama, di Bandung, Jumat.

Heru mengungkapkan 14 orang mendaftar ini berasal dari hakim karir sebanyak 10 orang dan empat orang berasal dari non karir.

"Dari hakim karir sebanyak 10 orang itu, tujuh orang pernah mengikuti seleksi, sedangkan tiga orang baru mendaftar," katanya.

Sementara dari calon non karir tiga orang sudah pernah mengikuti seleksi CHA dan satu orang yang pertama kali mendaftar.

Pada periode ini, KY menerapkan aturan bahwa para calon yang mendaftar maksimal pernah mengikuti seleksi dua kali berturut-turut.

Para hakim karir atau calon non karir yang sudah mengikuti dua kali berturut-turut bisa mendaftar kembali pada periode berikutnya.

KY telah membuka pendaftaran seleksi calon hakim agung periode pertama 2013 sejak 4 Februari hingga 22 Februari 2013 untuk mengisi tujuh lowongan posisi hakim agung yang kosong.

Ketujuh lowongan ini untuk menggantikan Hakim Agung Djoko Sarwoko yang pensiun, H Abdul Kadir Mappong (pensiun), Paulus Efendi Lotulung (pensiun), Nyak Pha (pensiun), Muhammad Taufik (meninggal dunia), Achmad Yamani (diberhentikan) dan satu kekurangan periode sebelumnya.

Heru berharap minimal 100 pendaftar bisa tercapai untuk mengisi tujuh lowongan hakim yang kosong tersebut.

"Memang pada awal-awal pendaftaran masih sepi dan biasanya baru akhir masa penutupan banyak pendaftar," kata Heru.
(J008)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013