counter

Perpustakaan Yogyakarta gelar lomba bercerita

Lomba terbuka untuk siswa sekolah dasar negeri dan swasta kelas 4 dan 5. Peserta adalah perwakilan sekolah yang ada di Kota Yogyakarta,"
Yogyakarta (ANTARA News) - Perpustakaan Kota Yogyakarta akan menggelar lomba bercerita yang khusus diikuti siswa sekolah dasar pada Maret 2013 sebagai upaya pengembangan minat dan budaya baca sejak dini.

"Lomba terbuka untuk siswa sekolah dasar negeri dan swasta kelas 4 dan 5. Peserta adalah perwakilan sekolah yang ada di Kota Yogyakarta," kata Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Yogyakarta Sri Adiyanti di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut Sri, lomba bercerita tersebut didasari pada budaya lisan yang masih kental di sebagian besar masyarakat Indonesia, tidak terkecuali anak-anak.

Pada usia sekolah dasar, kata dia, rasa keingintahuan anak sedang mengalami perkembangan yang cepat, sehingga informasi yang diberikan secara tepat melalui buku bacaan yang bermutu akan memberikan dampak yang baik terhadap perkembangan budi pekerti anak.

Ia mengatakan berawal dari ketertarikan pada suatu buku, siswa akan terus mencari sumber informasi yang dibutuhkan dari buku lain.

"Selanjutnya, mereka akan menceritakan apa yang dibacanya kepada teman atau siswa lain sehingga nantinya akan merangsang teman tersebut untuk ikut membaca dan menceritakan kembali ke siswa lain," katanya.

Siswa, kata Sri, tanpa sadar akan "menularkan" kebiasaan membaca tersebut kepada siswa lain sehingga budaya membaca pun akan semakin tumbuh sejak dini.

Sesuai dengan tema lomba, "Tumbuhkan Gemar Membaca dan Kecintaan Tanah Air dengan Cerita untuk Negeri", maka materi cerita yang akan dibawakan oleh peserta diambil dari buku cerita rakyat nusantara atau buku cerita kepahlawanan.

"Selain meningkatkan minat gemar membaca, saya berharap lomba bercerita ini akan mampu meningkatkan rasa cinta Tanah Air, memperkokoh persatuan, kesatuan, dan nasionalisme di kalangan pelajar," katanya.

Pendaftaran calon peserta lomba dapat dilayani secara langsung di Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Yogyakarta paling lambat pada 26 Februari 2013, saat jam kerja.

Lomba bercerita tersebut akan diselenggarakan dalam dua tahap, yaitu babak penyisihan pada 5-7 Maret 2013 dan babak final pada 23 Maret 2013, masing-masing dibagi dalam dua kategori, yaitu putra dan putri.

Dari setiap kategori, akan dipilih lima peserta terbaik untuk memperoleh hadiah, berupa piala, sertifikat, dan bingkisan.

Juara lomba akan dipromosikan ke lomba sejenis pada jenjang berikutnya karena lomba bercerita tersebut berjenjang dari tingkat kota atau kabupaten hingga nasional.

(E013/M029)

BKIPM Yogyakarta lepasliarkan Baby Lobster senilai Rp11,5 miliar

Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar