Kami mengundang Gubernur Jokowi untuk menjelaskan persoalan itu
Jakarta (ANTARA News) - Komisi IV DPR berencana memanggil Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) terkait dengan rencana reklamasi pantai Muara Karang untuk pembangunan perumahan Pluit City Jakarta Utara yang dikelola oleh PT Muara Wisesa Samudera.

"Kami mengundang Gubernur Jokowi untuk menjelaskan persoalan itu," kata anggota Komisi IV DPR Sudin dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa.

Kendati demikian, Sudin tidak menjelaskan secara perinci kapan waktu pemanggilannya. Menurut dia, jangan sampai pengembang merugikan mata pencaharian warga, seperti menyulitkan nelayan mencari ikan.

Selain itu, dia berharap supaya proyek tidak sampai mengganggu pendinginan PLTU yang dekat dengan lokasi pengembang karena jika terganggu, bisa berbahaya untuk masalah listrik se-Jawa Bali. "Jangan sampai menimbulkan dampak banjir," tuturnya.

Sudin menyarankan, Pemprov DKI Jakarta selektif memberikan izin-izin kepada pengembang, terutama yang berdampak buruk terhadap lingkungan hidup.

Ia menegaskan, pengembang dalam menjalankan bisnisnya harus menerapkan prinsip-prinsip good governance dengan mengantongi izin secara lengkap dan tidak boleh melanggar peraturan.

"Dan, tidak boleh melakukan pemasaran sebelum izin diberikan Pemda," katanya menandaskan.

(S037) 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013