Milan (ANTARA News) - Para perancang busana terkenal memulai Pekan Fesyen Milan, Rabu ini. sembari mengharapkan akhir dari krisis ekonomi terburuk yang menimpa Italia serta kembali bergairahnya para peniaga busana negeri itu.

Rumah-rumah mode seperti Gucci, Giorgio Armani dan Prada menjadi beberapa diantara nama-nama beken yang meramaikan pergelaran yang akan menampilkan busana wanita untuk musim gugur dan dingin 2013-14.

Para kritikus dan bloger Italia mengkritik gelar fesyen penuh warna ini akan mengalihkan perhatian orang dari pemilu legislatif 24-25 Februari nanti.

"Saya yakin edisi pekan busana wanita Milan kali ini akan memastikan isyarat positif pemulihan (ekonomi) yang telah kita alami selama Januari pada pergelaran busana pria," kata Mario Boselli, kepala kamar dagang nasional Itali bidang fesyen seperti dikutip Reuters.

Italia berharap permintaan pekan fesyen Milanini akan meningkatkan permintaan produk fesyen Italia, sekaligus membawa isyarat bagi mengendurnya cengkeraman resesi pada 2013.

Tahun ini, penjualan produk fesyen Italia turun 3,5 persen menjadi sekitar 58 miliar euro, setelah jatuh 5,4 persen pada 2012.  Italia berharap pada pasar fesyen luar negeri, terutama negara-negara non Uni Eropa seperti China.

Pekan Fesyen Milan ini akan menghadirkan pula Versace, Dolce & Gabbana dan Roberto Cavalli.

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013