Jakarta (ANTARA News) - Lenovo mengumumkan Ultrabook ThinkPad T430u yang menawarkan dua hard disk sehingga dapat menyimpan berbagai file seperti film, musik, gambar, dokumen dll.

Hard disk pertama berukuran 500 GB, hard disk kedua yaitu SSD (solid state drive) berukuran 24 GB.

"Ini satu-satunya, ultrabook yang memiliki dua hard disk," kata Product Specialist PT. Lenovo Indonesia Antony Widjaja ketika menggelar jumpa media di Jakarta pada Rabu (20/2).

Country Lead Small Medium Business PT. Lenovo Indonesia Irene Santosa mengatakan laptop itu ditujukan untuk para pengusaha dan pelaku usaha kecil menengah karena mereka membutuhkan sebuah laptop yang praktis, mudah pengoperasian dan ringan dibawa berpergian tanpa mengorbankan kualitas.

"Laptop baru ini benar-benar mengubah cara pandang orang mengenai sebuah ultrabook. ThinkPad T430u mewakili era baru sebuah komputasi yang tipis dan ringan," kata Irene.

Ultrabook itu berukuran kurang dari 0,8 inci (2.03cm) dengan berat kurang dari 4 pon (1.81kg).

Ukuran keyboardnya dibuat lebih besar dan anti percikan air. Lenovo telah menguji laptop itu melalui delapan tahap termasuk pengujian terhadap debu, goncangan, ketinggian, suhu ektstrem baik panas maupun dingin.

Ultrabook itu memiliki layar HD dan anti gores 14 inci dan kamera HD 720p dengan teknologi pengenal wajah, sistem audio menggunakan speaker Dolby Home Theater v4, konektivitas data meliputi 2x USB 3.0, HDMI, MiniDisplayPort dengan audio dan 4-in-1 SD card reader.

Ultrabook yang dijual Rp11.900.000 memiliki prosesor Intel Core i5 generasi ketiga, sistem opersi Windows 7 Professional 64-Bit + RDVD Windows 8, HDD 500GB, RAM 4GB, daya tahan baterai hingga 7 jam dan garansi selam setahun.

"Kami telah memasang software rapid boot sistem untuk kinerja lebih cepat 40 persen," kata.

Unikannya, pengguna bisa mengganti hard disk laptop atau baterai dengan mudah karena lapisan alumunium di bagian belakang dapat dibuka dengan mudah. Untuk keamanan, ultrabook itu memiliki fitur pengenal wajah dan pemindai sidik jarik.

"Harus diperhatikan jika ingin mengganti hard disk, hard disk laptop ini berukuran 7 mm sedangkan hard disk pada umumnya berukuran 9 mm," kata Antony.

(adm)

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013