Jakarta (ANTARA News) - Microsoft Corporation sedang mempersiapkan tampilan perdana sistem operasi terbaru, Windows Blue, yang direncanakan muncul pada musim panas 2013.

Produsen piranti lunak komputer itu, seperti disebut ZDNet, telah menempuh tonggak pertama untuk pengembangan sistem operasi pengganti Windows 8 itu pada Agustus 2012.

Situs media China, win8China, menyebut perusahaan yang dipimpin Steve Ballmer itu akan menguji Windows Blue kepada para pengguna Windows 8 untuk mendapatkan umpan balik sebelum produk baru itu siap dijual.

The Verge melaporkan, tim Microsoft Bing masih memperbaiki fitur pencarian pada Windows Blue, seperti pencarian film dengan aplikasi yang mudah dipakai.

"Saat ini, pencarian (film) pada Windows 8 dapat dilakukan dengan aplikasi, tapi pengguna perlu memilih aplikasi terlebih dahulu sebelum melakukan pencarian," sebut The Verge.

Windows Blue juga dikabarkan akan terdapat pada smartphone dan tablet tujuh hingga delapan inci dengan Internet Explorer 11 di dalamnya (built-in).

(I026)

Penerjemah: Imam Santoso
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013