Ini bukan sesuatu yang baru karena di beberapa kota di negara lain juga sudah menerapkan ini,"
Surabaya (ANTARA News) - Kota Surabaya memiliki sembilan kran air siap minum (KASM) yang dibangun Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) untuk dinikmati warga Kota Pahlawan.

"Ini bukan sesuatu yang baru karena di beberapa kota di negara lain juga sudah menerapkan ini," kata Dirut PDAM Surya Ashari Mardiono saat meresmikan KASM di Kampus Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Senin.

Sembilan KASM tersebut lokasinya berada di Taman Bungkul, Taman Mundu, Taman Ronggolawe, SDN Kandangan, Puskesmas Wiyung, Kantor PDAM, ITS, RSUD Bhakti Dharma Husada (BDH) dan Unair.

Menurut dia, sampai akhir Februari, PDAM telah memasang KASM di dua lokasi yakni RSUD BDH dan Unair. "Sedangkan lainnya sudah dipasang setahun lalu," ujarnya.

Ashari mengatakan bahwa PDAM sebagai instansi pelayanan air bersih senantiasa berusaha memberikan pelayanan prima yang berorientasi kepada kepuasan pelanggan.

Saat ini, lanjut dia, jumlah pelanggan PDAM sesuai data per Januari 2013 mencapai 488.903 SR (sambungan rumah) dengan cakupan pelayanan 87,05 persen dan kapasitas produksi saat ini mencapai 9.358 liter/detik serta panjang pipa terpasangn 5.426 km.

Tujuan dari kegiatan ini, lanjut dia, tidak lain adalah ingin mewujudkan misi perusahaan melalui program CSR (Corporate Social Responsibility) untuk menyediakan air minum yang memenuhi syarat kualitas, kuantitas dan kontinuitas yang dapat dipertanggungjawabkan.

"Ini merupakan langkah awal menuju `drinking water from the tap` sebagaimana diamanatkan dalam PP Nomor 16 Tahun 2005," ujarnya.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya berterima kasih kepada pihak-pihak yang berkenan tempatnya ditempati KASM, khususnya kepada Rektor Unair yang telah memberikan izin adanya KASM.

"Kami berharap tiap tahun ada program seperti ini sehingga KASM bisa bermanfaat bagi masyarakat Surabaya," ujarnya.

Sementara itu, Rektor Unair Prof Dr. Fasich mengucapkan terima kasih kepada pihak PDAM yang telah berkenan membuka KASM di Unair. "Mudah-mudahan ini memberikan bermanfaat," katanya.

Ia menjelaskan bahwa halaman depan rektorat Unair di kampus C Jalan Mulyorejo merupakan kawasan terbuka untuk umum. "Di sini setiap harinya selalu ramai. Saya minta Bu Risma (Wali Kota Surabaya) menjadikan ini sebagai fasilitas umum yang bisa dinikamti semua warga," ujarnya.

(A052/F002)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013