Jembatan Layang Kelok 9 ini harus diselasaikan. Ini adalah karya anak bangsa yang perlu diapresiasi, desain dan pelaksanaan oleh anak bangsa sendiri
Jakarta  (ANTARA News) - Tim Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI kagum setelah melihat penyelesaian Jembatan Kelok Sembilan yang menghubungkan provinsi Sumbar dan Riau dan menilai karya konstruksi yang 100 persen dilakukan anak bangsa ini dijadwalkan dapat diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tahun ini.

Dalam keterangan persnya Humas DPR di Jakarta, Senin, Ketua Tim Kunker Mulyadi mengatakan, melihat perkembangan terkini saya optimis selesai akhir tahun ini. DPR mengawal proyek ini dengan dekresi sebagai pimpinan terus meyakinkan pemerintah agar Jembatan Layang Kelok 9 ini harus diselasaikan. Ini adalah karya anak bangsa yang perlu diapresiasi, desain dan pelaksanaan oleh anak bangsa sendiri.

Saat meninjau proyek kontruksi itu di Kabupaten Limapuluhkota, Sumbar, wakil ketua komisi V ini mengatakan pembangunan jembatan dimulai setelah memperhatikan kemacetan arus lalu lintas di kawasan bukit terjal ini, terutama pada masa liburan dan hari-hari besar. Tahapan pembangunan dimulai pada tahun 2003 dan pada 2012 dilakukan percepatan. Total anggaran yang telah dikucurkan Rp583.536.260.000.

Sementara itu Kepala BP Konstruksi Hediyanto Husaini menjelaskan pembangunan konstruksi dilakukan di area sempit, bukit terjal dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Rancang bangun juga memperhatikan wilayah yang termasuk area gempa.

Menurut Hediyanto, Jepang sebenarnya pernah menawarkan bantuan dengan keyakinan 3 tahun bisa selesai tetapi dengan syarat sejumlah bahan konstruksi dibawa dari negaranya. Terus kita berfikir kalau dibantu asing lalu dimana peran Indonesia. Akhirnya diputuskan tidak ada tangan asing terlibat, pembangunan ini adalah karya bangsa Indonesia aseli.

Anggota Tim Kunker Komisi V DPR RI Rendy Lamadjido terkagum-kagum saat meninjau penyelesaian Jembatan Layang Kelok Sembilan yang berada di Kabupaten Limapuluhkota, Sumbar. Politisi PDIP yang juga seorang engeneer ini mengaku akan merekomendasikan karya konstruksi anak bangsa ini untuk dikunjungi koleganya dari Kanada.

Rendy mengaku terkesima. Ia menilai saat ini satu monumen yang dapat kita andalkan menjadi destinasi konstruksi. Bulan Juni nanti para insinyur dari Kanada ingin meninjau konstruksi Cipularang tetapi saya menganggap konstruksi Jembatan Kelok 9 lebih luar biasa karena dibangun di ruang sempit.

Jembatan Layang Kelok Sembilan memang mempunyai tantangan konstruksi cukup rumit. Berada diantara jejeran bukit barisan dengan ketinggian 1.000 meter diatas permukaan laut, di lahan terjal dan sempit. Konstruksi terdiri atas 6 jembatan, dengan tiang penyangga tertinggi 90 meter dari tanah.

Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2013