Waykanan, Lampung (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Waykanan, Lampung, berupaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) perempuan eks-transmigran setempat dengan menggelar pelatihan dan membagikan peralatan produksi kue.

"Anggaran kegiatan `Bimbingan Teknis dan Penguatan Perempuan Eks Transmigrasi` ini bersumber dari APBD Tahun 2013. Kami berharap mampu memberdayakan kaum perempuan seperti diharapkan," kata Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Pemkab Waykanan Sanusi Murod di Gedung Serba Guna (GSG) Blambangan Umpu di Blambangan Umpu, Selasa.

Sanusi  berharap kegiatan yang diikuti perempuan berasal dari 46 kampung dan sembilan kecamatan atau masing-masing kampung lima orang itu bisa bermanfaat.

"Kegiatan ini mengeluarkan biaya tidak sedikit karena juga mengundang sejumlah ahli berkompeten untuk memberikan ilmu boga," kata Bupati Waykanan Bustami.

Setelah mengikuti pelatihan tersebut, para peserta diharapkan bisa membuat makanan dari bahan-bahan lokal, seperti jagung dan singkong sehingga memiliki nilai jual tinggi.

Selain mendapat pelatihan boga dari "Nyonya Tan Catering", setiap kelompok atau kampung masing-masing mendapatkan satu unit mixer dan satu alat pembuat mie atau kue bawang.

(KR-GTA/M029)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013