counter

Super Tucano berlatih pemboman udara-darat pertama kali

Super Tucano berlatih pemboman udara-darat pertama kali

Satu dari empat EMB-314 Super Tucano baru di Skuadron Udara 21 bersiap lepas landas di Pangkalan Udara Utama TNI AU Abdul Rahman Saleh, Malang. Cantelan di bagian perutnya telah dipasangi bom latihan udara-darat Mk-82. Skuadron udara ini dibentuk lagi dan penerbang-penerbang dari skuadron udara lain TNI AU direkrut untuk mengawaki. (Penerangan Pangkalan Udara Utama TNI AU Abdul Rachman Saleh)

... secara berkala dengan melibatkan seluruh penerbang Super Tucano... "
Jakarta (ANTARA News) - Untuk pertama kalinya sejak mendarat di Tanah Air pada 17 September 2012 lalu, pesawat turboprop multifungsi EMB-314 Super Tucano berlatih pemboman, di Lahan Persenjataan Udara Pandanwangi, Lumajang, Jawa Timur, Selasa. 

Bom yang digunakan jenis bom udara-darat Mk-82 Innert-Practice yang umum dipakai berlatih bagi pilot jet tempur TNI AU. Super Tucano buatan pabrikan Embraer, Brasil, dirancang memiliki kompatibilitas tinggi disandingkan dengan berbagai jenis persenjataan, buatan Barat atau Timur, pun beberapa negara Amerika Latin dan Afrika Selatan. 

Uji coba itu termasuk latihan penyerbuan/pemboman udara ke darat Skuadron Udara 21,  bertujuan melatih kemampuan seorang pilot pesawat tempur menghancurkan sasaran. Skuadron udara ini kini terdiri dari Super Tucano setelah pernah diisi OV-10F Bronco dan beberapa jenis/tipe lain pesawat tempur.
 
Latihan misi tempur ini dilaksanakan selama tujuh hari sejak kemarin, direncanakan secara berkala dengan melibatkan seluruh penerbang Super Tucano. 

Mampu mengunci dan menghancurkan sasaran bergerak dan statik menjadi syarat utama profesionalitas penerbang tempur TNI AU selain memahiran menguasai pesawat tempurnya. 

Pesawat Latih TNI-AU Menimpa Permukiman

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar