Meski kebakaran menghabiskan empat buah rumah, namun tidak ada korban jiwa,"
Muara Teweh (ANTARA News) - Sedikitnya empat buah rumah warga rukun tetangga (RT) tiga Desa Pendreh Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara (Barut), Kalimantan Tengah habis terbakar pada Selasa sekitar pukul 18.45 WIB.

"Meski kebakaran menghabiskan empat buah rumah, namun tidak ada korban jiwa," kata seorang warga Hariadi di Desa Pendreh kecamatan Teweh Tengah, Selasa malam.

Peristiwa kebakaran yang menghanguskan empat buah rumah dengan konstruksi kayu di desa pedalaman Sungai Barito itu terjadi pada Selasa (26/2) sekitar pukul 18.45 Wib dan api berhasil dipadamkan sejam kemudian.

Untuk sementara asal api diduga berasal dari rumah warga bernama Karlina, namun karena minimnya sarana pemadaman yang hanya dilakukan melalui sarana tradisional, kobaran api merembet tiga rumah lainnya.

"Kobaran api begitu cepat, sehingga sejumlah warga tidak bisa menyelamatkan harta bendanya," kata dia.

Upaya pertolongan untuk memadamkan kobaran api terpaksa didatangkan dari Muara Teweh sebanyak dua unit mobil milik pemerintah Kabupaten Barito Utara dibantu masyarakat setempat.

Dalam kejadian itu, api diduga berasal dari arus pendek listrik PT PLN Muara Teweh. Namun belum ada keterangan lebih lanjut terkait sumber api yang membakar rumah tersebut.

Saat ini kawasan rumah yang terbakar sedang dipasang garis larangan dari Polres Barito Utara, guna dilakukan penyelidikan usai pemadaman dilakukan petugas.
(K009/S019)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013