Saya membuat langkah ini sebagai bentuk protes terhadap komite eksekutif IOC yang telah mengeluarkan gulat dari program pertandingan olimpiade"
Moskow (ANTARA News) - Juara gulat gaya bebas olimpiade asal Rusia Sagid Murtazaliev mengumumkan pada Selasa bahwa ia akan mengembalikan medali emasnya kepada Badan Eksekutif Komite Olimpiade Internasional (IOC) sebagai protes atas eliminasi gulat dari arena olimpiade.

"Keputusan mengembalikan medali olimpiade ini sangat berat bagi saya," kantor berita RIA-Novosti mengutip juara gulat olimpiade 2000 Sydney, Murtazaliev, melalui suratnya kepada Presiden IOC Jacques Rogge.

"Tetapi setelah melalui pemikiran mendalam, saya mengikuti langkah Presiden Federasi Gulat Bulgaria Valentin Iordanov." katanya dikutip AFP.

"Saya membuat langkah ini sebagai bentuk protes terhadap komite eksekutif IOC yang telah mengeluarkan gulat dari program pertandingan olimpiade"

Panel eksekutif IOC menyetujui rekomendasi untuk menghapus gulat dari program pertandingan olimpiade 2020 dalam pertemuan pada 11 Februari.

Sebelumnya pada bulan ini, juara gulat olimpiade Atlanta 1996 Iordanov mengumumkan keputusannya mengembalikan medali emas yang pernah diraihnya atas protes terhadap keputusan tersebut.

(D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013