Indonesia diminta berbagi kisah sukses pengembangan 3G

Indonesia diminta berbagi kisah sukses pengembangan 3G

Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring (FOTO ANTARA)

Karena cukup fenomenalnya, saya sempat diminta untuk berbagi kisah sukses dalam pengembangan 3G yang belum sepenuhnya dilakukan negara-negara tetangga kita,"
Jakarta (ANTARA News) - Indonesia melalui delegasi yang dipimpin Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring diminta untuk berbagi kisah sukses pengembangan 3G dalam rangkaian acara Mobil World Congress di Barcelona, Spanyol.

Menkominfo Tifatul Sembiring dalam pesan elektroniknya yang diterima Antara di Jakarta, Kamis, menyampaikan, Indonesia dianggap cukup fenomenal dalam hal pengembangan 3G.

"Karena cukup fenomenalnya, saya sempat diminta untuk berbagi kisah sukses dalam pengembangan 3G yang belum sepenuhnya dilakukan negara-negara tetangga kita," kata Tifatul Sembiring.

Ia menghadiri Mobil World Congress (MWC)2013 di Barcelona, Spanyol, pada 27 Februari--1 Maret 2013.

Pada kesempatan itu, Tifatul Sembiring sekaligus memaparkan sejumlah prestasi pengembangan telekomunikasi di Indonesia baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun berbagai pihak terkait.

Menkominfo mengatakan, Indonesia sebagai salah satu bagian dari kawasan Asia saat ini sedang mengalami era "booming" ekonomi yang secara positif mengimbas percepatan pertumbuhan teknologi.

"Itulah sebabnya, mengingat pertumbuhan ekonomi Indonesia di antaranya yang paling utama ditopang oleh sektor telekomunikasi sebagai kontributor paling tinggi pertumbuhannya dibanding sektor-sektor lainnya, maka wajar jika pemerintah dengan seluruh instansi terkait sangat serius untuk memanfaatkan momentum strategis tersebut, sekaligus mendorong para pemangku kepentingan untuk lebih intens dalam mendorong konektivitas," katanya.

Menteri Tifatul Sembiring pada kesempatan itu didaulat menjadi pembicara utama dalam suatu seminar internasional bertopik "Leveraging mobile growth to support the socio economic development of Asia Pacific`s developing markets" yang masih dalam rangkaian acara MWC 2013.

Bertindak selaku moderator adalah Rohan Samarajiva (Chair and CEO LIRNEasia), dan nara sumber lain adalah Supun Weerasinghe (Chief Strategy Officer, Regulatory and Business Transformation Officer, Axiata Group) dan John Stefanac (President South East Asia and Pacific Qualcomm).

"Sejumlah pembahasan pokok di antaranya jenis layanan yang mendorong percepatan pembangunan sosial ekonomi di kawasan, hal yang dapat dilakukan oleh pemerintah untuk mendukung secara penuh model-model bisnis baru yang perlu dikembangkan, dan indikator yang dapat diambil oleh para pengambil kebijakan dari lintas kementerian yang ditunjukkan dalam implementasi untuk mendorong percepatan pembangunan," katanya.

Menurut dia, sejumlah isu strategis tersebut sangat relevan dengan kebutuhan di lapangan saat ini.

Tifatul Sembiring diundang sebagai salah satu pembicara dalam seminar internasional di tengah berlangsungnya acara Mobile World Congress di Barcelona.

Sebelumnya ia pun menjadi pembicara pada acara serupa pada 2010 dan 2012.
(H016/A011)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar