Budapest (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono tiba di Hongaria untuk lawatan selama dua hari setelah sebelumnya melakukan kunjungan kerja di Jerman.

Pada Rabu siang sekitar pukul 10.48 waktu setempat Presiden tiba di Bandara Internasional Liszt Ferenc, Budapest, dan disambut oleh Duta Besar RI Maruli Tua Sagala.

Pesawat Kepresidenan RI saat bertolak dari Bandara Tegel, Berlin, menuju Hongaria, sepanjang di wilayah udara Jerman mendapat pengawalan dari dua pesawat tempur Jerman.

Kepala Negara beserta rombongan akan berada di Hongaria selama dua hari untuk melakukan pertemuan dengan Presiden, Perdana Menteri, dan kalangan pebisnis Hongaria.

Agenda pertama Presiden di Budapest adalah melakukan kunjungan kenegaraan pada Presiden Hongaria Janos Ader di Istana Sandor. Upacara penyambutan kenegaraan terhadap Presiden Yudhoyono akan dilakukan di Szent Gyorgy Square yang dilanjutkan dengan pertemuan bilateral antara delegasi Indonesia dan Hongaria.

Dalam pertemuan bilateral antara kedua Kepala Negara itu dijadwalkan ditandatangani Nota Kesepahaman antara Kementerian Luar Negeri Indonesia dan Kementerian Luar Negeri Hongaria tentang pendidikan dan pelatihan diplomatik.

Pada malam harinya, Kepala Negara beserta rombongan akan menghadiri jamuan santap malam di istana tersebut. Keesokan harinya Presiden Yudhoyono dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban.

Turut mendampingi Presiden Yudhoyono antara lain Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Menteri Perindustrian MS Hidayat, dan Sekretaris Kabinet Dipo Alam.

(G003*P008)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013