... ingin anak-anak ini bisa menerapkan yang mereka ketahui mengenai perlindungan konsumen... "
Jakarta (ANTARA News) - Memperingati Hari Konsumen Nasional kali ini, Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen akan menyelenggarakan lomba menggambar dan melukis poster bagi para siswa, serta menulis bagi para blogger dan jurnalis.

"Perlombaan ini dalam rangka memperingati Hari Konsumen Nasional, pada 20 April mendatang," jelas Direktur Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen, Nus Nuzulia Ishak, dalam pernyataan, di Jakarta, Rabu.

Lomba menggambar mengusung tema "Konsumen Cerdas" itu dilaksanakan pada 2 April 2013, dan target peserta untuk kategori ini siswa-siswi SD dan sekolah menengah dari sekolah-sekolah yang pernah mendapatkan sosialisasi mengenai perlindungan konsumen.

Menurut dia, dengan menanamkan pemahaman sejak dini kepada anak-anak kepentingan perlindungan konsumen, maka akan lebih mudah bagi pemerintah mewujudkan masyarakat sebagai konsumen cerdas pada masa datang.

"Kami ingin anak-anak ini bisa menerapkan yang mereka ketahui mengenai perlindungan konsumen ke dalam kehidupan sehari-hari, dan mudah-mudahan mereka menjadi contoh yang baik bagi orang-orang di sekitarnya," kata dia.

Sementara itu, untuk lomba menulis, para blogger dapat menulis hasil tulisan mereka di blog masing-masing pada 5 Maret-15 April. Sedangkan untuk para jurnalis akan dinilai dari tulisan mereka yang dimuat di media cetak maupun media elektronik juga pada 5 Maret-30 April.

"Blogger dan jurnalis memiliki kekuatan menularkan pengetahuan, informasi, pemahanan, dan bahkan semangat bagi masyarakat luas. Kedua media itu diharapkan dapat menjadi referensi bagi masyarakat untuk memahami lebih jauh mengenai perlindungan konsumen," kata Ishak.

Tema untuk lomba menulis adalah "Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen, yang terbuka bagi seluruh blogger dan jurnalis dari seluruh Indonesia.

Pengumuman lomba tulis bagi para blogger dan penyerahan hadiah akan dilakukan pada acara peringatan Hari Konsumen Nasional 2013, April mendatang. Sedangkan lomba tulis bagi jurnalis pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah akan dilaksanakan pada pertengahan Mei 2013. (*)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013