Politicawave: elektabilitas Dahlan Iskan tertinggi

Politicawave: elektabilitas Dahlan Iskan tertinggi

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan (ANTARA/Widodo S. Jusuf)

Sekarang posisinya (Dahlan) sudah baik karena banyak aktivitas kegiatan Menteri BUMN maupun kegiatan sosial yang dipublikasikan dengan baik oleh media online
Jakarta (ANTARA News) - Analisa politik yang dilakukan oleh Politicawave terhadap sejumlah kandidat calon presiden 2014, menunjukkan elektabilitas Menteri BUMN Dahlan Iskan tertinggi dibandingkan tokoh lainnya.

"Dalam sepekan ini, Dahlan Iskan masih menduduki posisi paling tinggi. Nomor 2 ada Mahfud MD, kemudian Chairul Tanjung, dan Jusuf Kalla," kata Direktur PoliticaWave Yose Rizal dalam keterangan persnya di Jakarta, Minggu.

Sementara itu, Prabowo Subianto yang ditetapkan Partai Gerindra sebagai bakal Capres 2014 menempati nomor 6, dan secara berturut-turut diikuti bakal Capres Golkar Aburizal Bakrie (7), bakal Capres PAN Hatta Rajasa (8), bakal Capres Hanura Wiranto (9), dan posisi 10 ditempati Menteri Perdagangan Gita Wirjawan.

Namun, Rizal mengatakan ada beberapa kegiatan Dahlan yang mendapat respons negatif dari publik dan membuatnya terpuruk dari peringkat indeks elektabilitas, misalnya soal berita infisiensi PLN, kurang akuratnya laporan pemerasan oleh DPR dan kecelakaan mobil listrik Tucuxi.

"Namun kesibukannya saat ini yang dipublikasikan dengan baik membuat kepercayaan media sosial sudah pulih. Ketika beliau nyetir sendiri, naik ojek dan naik kendaraan umum. Ini mendapat simpati yang baik," ujarnya.

Analisa PoliticaWave dilakukan dengan mengumpulkan data dari berbagai media sosial, seperti Facebook, Twitter, blog, dan jejaring sosial lainnya. Analisa ini bertujuan memotret jutaan percakapan yang terjadi setiap hari dan dapat berubah secara realtime.

Sementara itu, Koordinator BUMN Care Budi Purnomo Karjodihardjo yang juga orang dekat Dahlan Iskan mengapresiasi hasil survei ini.

"Memang data PoliticaWave ini naik turun, tapi kami senang melihat elektabilitas Dahlan Iskan yang naik lebih baik," katanya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Survei : dua kandidat Capres raih elektabilitas 20 persen

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar