Saya dan tim terus giat berlatih, baik fisik, mental, dan latihan mengemudi untuk mempersiapkan diri menghadapi seri perdana sekaligus menjadi juara umum."
Jakarta (ANTARA News) - Pebalap putri Alexandra Asmasoebrata mengincar gelar juara umum pada Kejuaraan Asian Formula Renault 2013, setelah pada 2011 mencapai peringkat dua di Asian Challenge, dan sebagai wanita pertama di dunia yang menjuarai kejuaraan itu.

Alexandra pada jumpa pers di Jakarta, Senin, mengatakan, dengan persiapan yang lebih matang, ditandai dengan kesiapan mobil dan dukungan penuh sponsor, dia optimisitis dapat meraih prestasi yang lebih baik di Kejuaraan AFR 2013 yang berlangsung lima seri dengan 10 putaran itu.

"Walaupun memang ada kendala seperti adaptasi mobil, tapi saya yakin dapat lebih baik lagi," kata Alexandra.

Maka dari itu, setelah tiba di China, Alexandra tidak ingin berlama-lama, melainkan langsung fokus untuk beradaptasi dengan mobil Formula Renault 2.0 di Sirkuit Internasional Zhuhai China sepanjang 4,3 kilometer.

Selain adaptasi dengan mobil, Andra -sapaan Alexandra-, terus menggenjot kemampuan fisiknya dan kekuatan mental juara.

"Saya dan tim terus giat berlatih, baik fisik, mental, dan latihan mengemudi untuk mempersiapkan diri menghadapi seri perdana sekaligus menjadi juara umum," katanya.

Alexandra mengatakan dirinya ingin mengukir kembali prestasi di 2011 dimana dia mengalahkan pebalap-pebalap putra dari berbagai negara. Pada 2013 nanti dia akan bersaing dengan sejumlah pebalap dari Finlandia, China, Spanyol, Hongkong, Jepang, Macau, Rusia, Singapura, dan Amerika Serikat.

Ia mengatakan peluang untuk juara cukup terbuka karena untuk seri pertama di Sirkuit Internasional Zhuhai sepanjang 4,3 kilometer, dirinya sudah berlaga sebanyak 34 kali di arena itu. Hal itu membantu Alexandra untuk meminimalisir kendala latihan dalam adaptasi sirkuit.

Guna memaksimalkan perolehan poin, Alexandra juga berencana untuk mengikuti keseluruhan lima seri pada AFR 2013, walaupun dia baru memastikan untuk ikut di dua seri awal.

"Agar peluang untuk mendapat poin tetap terjaga, tidak tertutup kemungkinan untuk mengikuti semuanya. Habis seri pertama, kemungkinan langsung ikut yang kedua, dan melihat peluang yang lain lagi," ujarnya.

Setelah seri pertama dengan dua putaran di Zhuhai, seri kedua akan berlangsung di Sirkuit Internasional Shanghai pada 27-28 April 2013 dengan dua putaran. Kemudian untuk seri ketiga hingga kelima kembali bertempat di Sirkuit Internasional Zhuhai 14 Juni hingga 1 Desember 2013, dengan masing-masing dua putaran.

Pada AFR 2011, Alexandra menjuarai 20 piala di berbagai kategori dan berhasil menggondol juara umum II AFR Asian Challenge.  (I029/M008)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013