Bone Bolango (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo melakukan pelayanan jemput bola pendaftaran dokumen kependudukan KTP elektronik(e-KTP) bagi pemilih pemula.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bone Bolango Oktavianus Rahman, Jumat mengatakan hal itu dilakukan sebagai upaya percepatan perekaman bagi anak-anak sekolah yang merupakan pemilih pemula untuk persiapan pemilihan umum (Pemilu) serentak tahun 2024 mendatang.

"Kita melakukan pelayanan langsung atau jemput bola pendaftaran dokumen kependudukan, berupa perekaman e-KTP di sekolah-sekolah menengah atas(SMA) dan sederajat," ucap dia.

Untuk kali ini, Disdukcapil Bone Bolango, kata Oktavianus Rahman,  melakukan perekaman e-KTP di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kota Gorontalo.

"Kami ke SMA Negeri 1 Kota Gorontalo untuk melakukan perekaman e-KTP untuk anak-anak sekolah asal Kabupaten Bone Bolango. Ada 33 orang siswa penduduk Bone Bolango yang kita lakukan perekaman," ungkap dia.

Oktavianus, yang juga mantan Kabag Humas Setda Bone Bolango menjelaskan, e-KTP ini menjadi salah satu persyaratan untuk menjadi pemilih pada Pemilu serentak tahun 2024.

Pelayanan jemput bola itu juga, kata dia dilakukan agar anak-anak sekolah yang sudah mencapai usai 17 tahun tidak kehilangan haknya sebagai warga negara menjadi pemilih pemula atau pemilih untuk pertama kalinya pada Pemilu serentak tahun 2024.

"Dalam pelayanan perekaman e-KTP l bagi anak-anak sekolah ini, kami menurunkan satu unit mobil layanan mobile Dinas Dukcapil Bone Bolango. Dengan harapan menjelang Pemilu 2024 mendatang, semua anak-anak usia pemilih pemula, itu sudah melakukan perekaman e-KTP, sehingga mereka bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu serentak 2024," harap dia.
Baca juga: Dirjen Dukcapil pastikan pemilih pemula dapat KTP elektronik
Baca juga: Pengamat: Tiga langkah KPU tingkatkan partisipasi pemilih pemula
Baca juga: Ketua MPR dorong perekaman KTP-el pemilih pemula terus ditingkatkan

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023