saya mengucapkan selamat dengan sepenuh hati dan memohon kepada anda untuk terus berdoa bagi saya, Paus Fransiskus
Roma (ANTARA News) - Paus Fransiskus ingin selalu dekat dengan umatnya. Pemimpin umat Katolik sedunia itu mengucapkan, "Selamat berhari minggu dan selamat makan siang", kepada sekitar 150.000 umat yang berkumpul di luar gereja Santa Anna pada Minggu pekan lalu.

Ucapan itu dikatakan Paus Fransiskus dengan menggunakan bahasa Italia. Pengucapan itu bernuansa sederhana dan hangat karena ingin dekat menyapa umat yang hadir di tempat itu, sebagaimana dikutip dari laman Corriere della Sera.

Pesan Paus juga disampaikan lewat media tweeter, "Saudara dan saudari, saya mengucapkan selamat dengan sepenuh hati dan memohon kepada anda untuk terus berdoa bagi saya, Paus Fransiskus".

Paus juga mengatakan, "Saya memilih nama santo pelindung yang berasal dari Italia. Tujuannya, agar ikatan ini punya kekuatan kerohanian dengan negeri ini."

Paus Fransiskus merayakan misa perdananya di gereja Santa Anna di Vatican. Ketika rombongan kepausan tiba di lokasi, Paus berhenti sejenak untuk menjabat umat satu persatu, memberkati anak-anak yang digendong oleh para orangtuanya. Ia juga menemui sejumlah peziarah asal Argentina. Setelah itu, ia menuju gereja untuk merayakan misa bersama umat yang hadir waktu itu.

Dalam kotbahnya, Paus memfokuskan kepada tema memaafkan dan berbelaskasihan kepada sesama.

Sesudah misa, Paus kembali mendatangi umat yang berada di luar gereja. Momen itu disebut-sebut diluar jadwal protokoler.

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013