UNJ mewisuda 1.966 lulusan

UNJ mewisuda 1.966 lulusan

ILUSTRASI-UNJ (unj.ac.id)

Apabila para wisudawan dipercaya oleh masyarakat untuk menjadi pemimpin, lakukan dengan penuh semangat bahwa hal itu sebagai amanah yang dipercayakan,"
Jakarta (ANTARA News) - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mewisuda 1.966 lulusan tahun 2012/2013 dalam suatu upacara sidang Senat Guru Besar UNJ  yang dipimpin rektor universitas tersebut Prof Dr Bedjo Sujanto, MPd, di Jakarta, Selasa.

Sebanyak 1.966 orang lulusan UNJ tahun 2012/2013 itu terdiri atas wisudawan program Diploma sebanyak 99 orang, Sarjana (S-1) sebanyak 1.601 orang, Magister (S-2) 149 orang, dan Doktor (S-3) sebanyak 117 orang. Sampai saat ini, UNJ telah meluluskan sebanyak 86.442 orang.

Rektor UNJ, Prof Dr Bedjo Sujanto, MPd, menyampaikan pesan bahwa setelah menyelesaikan waktu studi di UNJ antara dua tahun sampai dengan empat tahun atau lebih, para wisudawan akan "dikembalikan" secara penuh kepada keluarganya.

Dia mengharapkan para wisudawan dapat memulai pengabdian baru di tengah-tengah masyarakat sesuai keahlian masing-masing. "Sebagai makhluk sosial, kita selalu hidup berdampingan dengan anggota masyarakat lain yang sangat plural (majemuk)," katanya.

Oleh karena itu, kata Rektor, para wisudawan akan diuji kembali oleh masyarakat, sebagai bentuk pengaktualisasian diri setelah menyelesaikan pendidikan tinggi sesuai strata yang mereka pilih.

"Keberagaman di masyarakat merupakan fitrah dari Sang Pencipta, sehingga para wisudawan harus mampu berperan aktif ditengah-tengah keberagaman itu, dengan menghormati perbedaan dan keberagaman yang ada. Apabila para wisudawan dipercaya oleh masyarakat untuk menjadi pemimpin, lakukan dengan penuh semangat bahwa hal itu sebagai amanah yang dipercayakan," katanya.

Dalam wisuda tersebut turut hadir pula salah satu mahasiswa berprestasi yang meraih Nobel Inventor of Merit dari Korea Selatan, Andi Dwi Putra, mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan jurusan Psikologi UNJ angkatan 2009.

Nobel Inventor of Merit adalah penghargaan yang diberikan untuk seseorang yang telah membuat satu atau lebih inovasi yang dapat membantu maju dan makmurnya suatu negara.

Tahun 2013 UNJ juga meluluskan salah satu mahasiswi Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) yang lulus dengan predikat cumlaude.

Mahasiswi bernama Dede Herawati jurusan Olahraga Pendidikan, telah mendapatkan berbagai penghargaan besar antara lain, peraih medali emas SEA Games 2011, kemudian ia juga meraih medali emas PON 2012. Dede juga merupakan atlet Pelatnas yang telah lulus selama 9 semester. (*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Pemerintah dorong tingkat pendidikan hingga perguruan tinggi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar