PLN Pekanbaru matikan lampu jalan selama "earth hour"

PLN Pekanbaru matikan lampu jalan selama "earth hour"

Ilustrasi. Earth Hour Pontianak Sejumlah warga mengelilingi konfigurasi lilin membentuk angka 60+ saat peringatan Earth Hour 2012 di Bundaran Digulis, Pontianak, Kalbar (FOTO ANTARA/Jessica Helena Wuysang)

Kami akan mematikan lampu jalan tapi hanya beberapa titik saja
Pekanbaru (ANTARA News) - PT PLN Cabang Pekanbaru berencana mematikan lampu penerangan jalan di beberapa titik di Kota Pekanbaru, Riau, pada 23 Maret, selama satu jam sehubungan kampanye hemat listrik "Earth Hour"

"Kami akan mematikan lampu jalan tapi hanya beberapa titik saja, tidak di seluruh Pekanbaru," kata Humas PLN Cabang Pekanbaru, Dharmawi, di Pekanbaru, Rabu.

Earth Hour merupakan kampanye lingkungan yang diiniasi oleh WWF agar masyarakat
peduli terhadap perubahan iklim lewat upaya hemat energi. Tahun ini merupakan yang pertama kali gerakan itu dilaksanakan di Pekanbaru.

Kegiatan Earth Hour berkembang menjadi gerakan global di berbagai belahan dunia dengan cara mematikan lampu dan peralatan elektronik secara sukarela selama satu jam sebagai upaya "simbolis". Pada pelaksanaannya tanggal 23 Maret nanti, gerakan itu akan dilaksanakan pada pukul 20.30 hingga 21.30 WIB.

Menurut Dharmawi, PLN sangat mendukung gerakan kampanye lingkungan itu. Meski begitu, perusahaan itu akan ekstra hati-hati menentukan lokasinya.

Ia mengatakan, PLN hanya bersedia memadamkan lampu penerangan jalan dan fasilitas umum di jalan protokol diantaranya seperti Jalan Diponegoro dan Jalan Sudirman.

"Walau ini untuk kepentingan seluruh dunia, tapi jangan sampai PLN kena protes pelanggannya karena mengganggu aktivitas masyarakat," kata Dharmawi.

Menurut dia, gerakan pemadaman listrik itu akan membawa penghematan cukup besar untuk tagihan listrik Pemerintah Kota Pekanbaru dari lampu jalan.

"Setiap bulan tagihan lampu jalan Kota Pekanbaru mencapai Rp3 miliar," katanya.

Secara nasional akan ada 28 kota di Indonesia yang ikut dalam Earth Hour tahun ini.

Pewarta: FB Anggoro
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Saat aksi massal matikan lampu satu jam mampu perbaiki bumi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar