counter

SBY-Xanana bicarakan keanggotaan Timor Leste di ASEAN

SBY-Xanana bicarakan keanggotaan Timor Leste di ASEAN

Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa (ANTARA/Dhoni Setiawan)

Jelas Timor Leste adalah bagian dari kawasan Asia Tenggara
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mengatakan pertemuan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan Perdana Menteri Timor Leste Xanan Gusmao salah satunya membahas perkembangan Timor Leste untuk menjadi anggota ASEAN.

"Intinya, keanggotaan Timor Leste di ASEAN bukan masalah teknis semata, melainkan masalah geo politik dan bahkan masalah geografinya," ujar Marty seusai pertemuan Yudhoyono dengan Xanana di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu sore, selama lebih dari satu jam.

Marty mengatakan, dalam kesempatan tersebut Presiden Yudhoyono menegaskan dukungannya terhadap Timor Leste untuk menjadi anggota ASEAN, guna mendorong stabilitas di kawasan yang lebih baik, mengingat Timor Leste secara geografi dan geopolitik berada di kawasan ASEAN.

"Jelas Timor Leste adalah bagian dari kawasan Asia Tenggara. Jelas masa depan Asia tenggara tidak akan positif, makmur dan stabil, seandainya Timor Leste tidak menjadi bagian keanggotaan ASEAN," paparnya.

Untuk itu, pihaknya dan menteri Luar Negeri Timor Leste akan menindaklanjuti hasil pertemuan Presiden dan PM Xanana. "Esok pagi kami akan bertemu dengan Menlu Timor Leste untuk menindaklanjuti apa yang diinstruksikan oleh bapak Presiden dan PM barusan," katanya.

Indonesia juga terus melobi kesepakatan para anggota ASEAN lainnya untuk mendukung masuknya Timor Leste ke organisasi negara-negara ASEAN tersebut. Di antaranya dengan membicarakan masalah tersebut dengan Singapura saat kunjungannya nanti.

"Kamis depan kami akan berkunjung ke Singapura, kunjungan satu hari dan antara lain, masalah ini akan kami bicarakan kepada Menlu Singapura," ujarnya.

Presiden Instruksikan Perbaikan Jalan

Pewarta: Muhammad Arief Iskandar
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar