penyebab kejadian ini bervariasi tergantung pada jenis hewan dan lokasi
Jakarta (ANTARA News) - Ribuan udang mati ditemukan telah terdampar di Coronel Bay, Chile. Apa yang menyebabkan ribuan udang itu mati dan terdampar masih membuat bingung pihak berwenang.

Kepala penyelidikan mengatakan bahwa polisi sedang mengumpulkan sebanyak mungkin bukti untuk menemukan penyebabnya.

"Apa yang kita lakukan hari ini adalah menyusun bukti-bukti untuk mencari apakah kita sedang menghadapi beberapa jenis kejahatan terhadap lingkungan," kata seorang juru bicara kepada SkyNews.

Petugas dari Chile's Environmental and Cultural Heritage Crimes Unit, Victor Casanova, mengatakan polisi akan menyelidiki berbagai kemungkinan dalam upaya untuk memahami bagaimana hewan-hewan tersebut mati.

"Kami akan pergi ke Coronel Bay untuk menentukan parameter temperatur fisik, konduktivitas listrik, dan yang terpenting adalah kadar oksigen, yang merupakan hal penting untuk disoroti," kata dia.

Dalam beberapa tahun terakhir sejumlah makhluk laut telah mati terdampar secara mengejutkan di beberapa garis pantai di laut Pasifik di daerah Amerika Selatan.

Pada bulan Februari jasad puluhan hewan, termasuk kura-kura, singa laut, lumba-lumba, hiu dan burung laut, ditemukan terdampar di pantai Peru.

Ahli lingkungan mengatakan bahwa penyebab kejadian ini bervariasi tergantung pada jenis hewan dan lokasi. Tetapi beberapa penjelasan yang mungkin menjadi penyebab meliputi virus, eksplorasi minyak lepas pantai, dan sumber makanan beracun.

Penerjemah: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013