Kominfo tingkatkan layanan internet Kota Parepare

Kominfo tingkatkan layanan internet Kota Parepare

Ilustrasi koneksi Internet (Grafis)

Program PLIK terus ditingkatkan di seluruh Indonesia, termasuk beberapa kabupaten dan kota di Provinsi Sulsel karena negara bertanggung jawab menyediakan layanan informasi bagi masyarakat,"
Parepare (ANTARA News) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meningkatkan program Penyediaan Layanan Internet Kecamatan (PLIK) di Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan untuk menyediakan informasi dan layanan data bagi masyarakat hingga ke pelosok.

"Program PLIK terus ditingkatkan di seluruh Indonesia, termasuk beberapa kabupaten dan kota di Provinsi Sulsel karena negara bertanggung jawab menyediakan layanan informasi bagi masyarakat," kata Kepala Subdit Kewajiban Pelayanan Universal Kementerian Kominfo, Marvel Situmorang di Parepare, Kamis.

Ia mengatakan, PLIK itu bagian dari sosialisasi dan publikasi Program Kewajiban Pelayanan Umum atau Universal Service Obligation (KPU/USO) di Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

Kegiatan sosialisasi itu dihadiri oleh Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kantor Kominfo Kota Parepare, Iwan Asaad, sejumlah Perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), berbagai Perwakilan Kecamatan, Tokoh Masyarakat serta siswa-siswi SMP dan SMA di Parepare.

Marvel mengatakan, tujuan program KPU/PSO ini adalah untuk menjembatani kesenjangan infrastruktur dalam rangka percepatan pengembangan, pemerataan serta peningkatan kualiatas sarana dan prasarana pos telekomunikasi di seluruh Indonesia terutama di sejumlah wilayah terpencil serta wilayah yang berada di perbatasan.

Dalam program KPU/USO ini Kementerian Kominfo akan menyediakan Pusat Layanan Internet Kecamatan dan Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK dan MPLIK).

Untuk di kota Parepare mendapatkan tiga unit mobil dimana mobil tersebut telah dilengkapi sejumlah perlatan penunjang seperti komputer jinjing (laptop), televisi layar datar serta mesin genset. Perangkatnya sendiri bersifat mobile, maka MPLIK memberikan pelayanan internet secara berkeliling di Desa-desa maupun wilayah yang akses internetnya sulit.

"Kami berharap dengan adanya program KPU/USO dari Kementerian Kominfo ini, masyarakat yang ingin mengakses internet secra gratis terutama yang berdomisili di daerah terpencil dapat terbantu," ujar dia.

Lebih lanjut marvel mengatakan, saat ini dunia sedang mengalami transformasi menuju era masyarakat informasi, dimana kemajuan teknologi informasi dan komunikasi demikian pesat, untuk itu dia berharap agar masyarakat dapat menggunkan layanan ini secara maksimal.
(KR-MH/B012)

Pewarta: Muh Hasanuddin
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Dinkominfo berikan layanan mobil internet gratis bagi pelajar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar