Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyatakan mendukung penuh perluasan pelabuhan Tanjung Priok, New Priok, yang diresmikan pembangunannya oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono di Terminal Penumpang Nusantara Pura II, Kalibaru, Jakarta Utara, Jumat.

Dukungannya, kata Jokowi, berupa mediasi antara Pelabuhan Indonesia (Pelindo) dengan warga Jakarta Utara. "Kan dikelola Pelindo. Dukungannya bisa seperti kemarin saat diminta bantuan menjembatani dengan warga," kata Jokowi di Pelabuhan Tanjung Priok.

Menurut Jokowi, perluasan pelabuhan ini diperlukan karena semakin tingginya aktifitas pelabuhan kontainer di Tanjung Priok. "Hampir 70 persen perjalanan kontainer itu lewat Tanjung Priok," katanya.

Dengan tingginya aktifitas tersebut, Jokowi juga mengatakan selain perluasan lahan juga diperlukan akses masuk yang mudah.

"Dua minggu yang lalu ada masalah di akses masuk, ya saya turun (bantu)," katanya.

Sebelumnya, perluasan New Priok tersebut diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Acara tersebut juga dihadiri oleh Istri Presiden RI, Ani Yudhoyono, Menteri Perhubungan, serta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

(Dny)

Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013