LeBron James tercatat sebagai pemain yang memperoleh gelar juara NBA, penghargaan MVP NBA, dan medali emas Olimpiade pada tahun yang sama.
Jakarta (ANTARA News) - LeBron Raymone James yang sering dipanggil "King James" memiliki segudang prestasi di kancah Kompetisi Basket Nasional Amerika Serikat (NBA).

Pria kelahiran 30 Desember 1984 ini pernah merasakan cincin juara NBA bersama Miami Heat, pemain paling berharga di Final NBA (Most Valuable Player Final NBA/MVP Final NBA), dan pemain pendatang baru NBA (NBA Rookie of the Year).

Selain itu, James sembilan kali terpilih bermain pada ajang perang bintang, NBA All Star, dan delapan kali terpilih All NBA team dan empat kali All Defensive team.

Pria ini bermain untuk posisi small forward dan juga bisa bermain untuk power forward, dan juga dapat menjadi playmaker bagi timnya.

Sebelum bermain untuk Heat, James bermain untuk Cleveland Cavaliers . Saat masih berkostum Cavs, dia menjadi pencetak angka terbanyak dengan 15.251 angka.

Pada 19 Januari 2013, King James menjadi pemain NBA termuda yang mencapai 20.000 angka sepanjang karirnya, saat berumur 28 tahun 17 hari.

Sebelum bermain untuk liga profesional NBA, pemain bernomor punggung 6 ini bermain untuk klub basket SMA St. Vincent - St. Mary High School di kota Akron, Ohio. Tiga kali terpilih menjadi "Tuan Basket Ohio", dan dipromosikan media nasional sebagai bintang masa depan NBA.

Pada 2007, James mengantarkan Cavs ke Final NBA, pertama kalinya dalam sejarah Cavs masuk Final NBA, tetapi ditundukkan San Antonio Spurs.

Pada 2010, LeBron meninggalkan Cavs demi Heat. Tahun pertamanya bersama Heat, James langsung membawa klub kota Miami itu masuk Final NBA 2011, tetapi kalah dari Dallas Mavericks.

Cincin juara pertama dirasakannya pada 2012 ketika Heat mengalahkan Oklohoma City Thunder. Dia dianugrahi NBA Final MVP.

Pada tahun yang sama, LeBron masuk tim basket Amerika Serikat. Bahu membahu dengan Kobe Bryant, Kevin Durant, dan lain-lain, tim Amerika Serikat memperoleh medali emas pada Olimpiade London 2012.

Tahun 2012 adalah masa cemerlangnya karena LeBron James tercatat sebagai pemain yang memperoleh gelar juara NBA, penghargaan MVP NBA, dan medali emas Olimpiade pada tahun yang sama. Sebuah prestasi yang pernah disandang Michael Jordan.

Pencapaian sepanjang karir profesional dan kepemimpinannya sepanjang musim 2011-2012 bersama Miami Heat dinyatakan media, analis, ahli, dan penulis, sebagai pemain terbaik NBA saat ini.

Pada musim NBA 2012-2013 bersama Miami Heat, King James, berusaha mempertahankan gelar juara NBA dan memecahkan rekor kemenangan beruntun terbanyak milik Los Angeles Lakers musim 1971-1972.

Sanggupkah LeBron "King" James mengalahkan rekor kemenangan beruntun 33 kali milik Lakers 1971-1972 itu? Tunggu aksi dia di NBA.

(Dari berbagai sumber)

Oleh Ella Syafputri
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013