Buenos Aires (ANTARA News) - Lionel Messi menyumbang satu gol dan mengaransemen dua gol lainnya saat Argentina membekap Venezuela 3-0 dalam kualifikasi Piala Dunia 2014 pada laga Sabtu pagi WIB tadi.

Hasil itu membuat Argentina tetap memuncaki zona Amerika Selatan. Kapten timnas Argentina itu sendiri menjadi arsitek untuk dua gol Gonzalo Higuain, demikian AFP.

Superstar Barcelona yang sejauh ini menjadi pemain terbaik Argentina, dua kali memaksa Daniel Hernandez melakukan penyelamatan gemilang sebelum kemudian mengirim umpan terukur kepada  Higuain yang memecah kebuntuan pada menit 29.

Messi kemudian memaksa bek Venezuela Gabriel Cichero membuat pelanggaran di kotak penalti yang berbuah penalti dan playmaker Argentina itu sukses mengeksekusianya sehingga kedudukan berubah 2-0 pada babak pertama.

Terobosan Higuain pada menit 59 membuat Argentina memetik gol ketiga, sekaligus menghapus peluang Venezuela untuk mengulangi kemenangan mengejutkan dari Argentina pada 2011.

Kemenangan ini membuat pasukan Alejandro Sabella unggul empat poin dari peringkat kedua Kolombia, dengan 23 poin hasil dari 10 kali bertanding.

Colombia sendiri sukses menggunduli Bolivia 5-0 di Barranquilla berkat gol-gol Macnelly Torres, Carlos Valdez, Teofilo Gutierrez, Radamel Falcao dan Pablo Armero. 

Di Montevideo, harapan Uruguay memetik kemenangan vital dari juri kunci klasemen Paraguay sirna setelah hanya mampu bermain 1-1.

Penyerang Liverpool Luis Suarez menciptakan gol bagi tuan rumah, namun disamakan Edgar Benitez pada empat menit menjelang bubaran.

Pada pertandingan lain, gol Jefferson Farfan pada menit 87 membuat tuan rumah Peru mengatasi Chile di Lima.

Empat tim teratas zona Amerika Selatan berhak meraih tiket ke Piala Dunia 2014, sementara posisi kelima harus terlebih dahulu menghadapi play-off dengan urutan kelima zona Asia sebelum bisa mengikuti turnamen empat tahunan yang akan digelar di Brazil itu, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013