Jakarta (ANTARA News) - Kongres Luar Biasa Partai Demokrat akan menjadi acara seremonial bila Ketua Dewan Pembina PD maju sebagai calon Ketua Umum PD.

"Kalau Pak SBY maju, sudah pasti KLB hanya akan seremonial saja. Dipastikan akan aklamasi karena semua mendukung penuh Pak SBY," ujar Ketua DPP Partai Demokrat, Umar Arsal di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Selasa.

Oleh karena itu, lanjutnya, keputusan SBY untuk maju sebagai Ketua Umum PD sangat ditunggu-tunggu.

"Saya, Mirwan Amir, Michael Wattimena, Saan Mustopa dan yang lainnya pasti akan mendukung SBY," tegasnya.

Umar berpendapat saat ini Partai Demokrat , untuk mengembalikan citra dan elektabilitas PD, dibutuhkan sosok seperti SBY.

"Memang tidak ada pilihan lain. Cuma Pak SBY yang paling tepat. Suara dari DPD sudah jelas. Mereka yang paling tahu dinamika dilapangan," ujarnya.

Pendapat Umar dikuatkan oleh Michael Wattimena, Ketua DPP Divisi Pembinaan Organisasi ini menegaskan seluruh DPD dan DPC di wilayah Papua menyatakan siap mendukung SBY.

Sejauh ini DPD di wilayah Papua Barat beserta seluruh DPC dibawahnya mendukung usulan untuk menjadikan SBY sebagai Ketua Umum.

"Jadi kalau ada yang mengatakan hanya DPD saja yang mendukung, itu tidak benar. DPD datang bukan hanya dengan modal dua suara, tapi juga dengan suara aspirasi DPC yang sama dengan DPD," ujarnya.

Michael menilai salah satu obat untuk membuat Partai Demokrat siap menghadapi Pemilu 2014 adalah dengan memposisikan SBY sebagai Ketua Umum.

"Kita melihat Pak SBY sosok pemersatu. Tidak mau setelah KLB ada gesekan lagi. Kalau SBY yang memimpin harapan kita elektabilitas akan membaik," ujarnya.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013