Jakarta (ANTARA News) - Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan menjalin kerja sama dengan partai yang sedang berkuasa di Korea Selatan (Korsel), yaitu Partai Saenuri.

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, pada Rabu, bertemu dengan Ketua Umum Partai Saenuri Hwang Woo Yea di Provinsi Jeju, Korea Selatan, berdasarkan siaran pers yang diterima ANTARA dari Humas DPP PDIP di Jakarta, Rabu.

Dalam pertemuan tersebut, kedua ketua umum partai sepakat untuk menjalin kerja sama antarpartai, antara lain dalam hal-hal yang berkaitan dengan program kaderisasi, kegiatan pengembangan bagi generasi muda, dan kegiatan sosial budaya.

Partai merupakan `ibunya` masyarakat sehingga kerjasama antara kedua partai ini sangat penting, terutama dalam situasi dimana kedua negara akan merayakan jalinan hubungan persahabatan antarnegara yang sudah memasuki masa 40 tahun, kata Megawati.

Dia menegaskan bahwa perhatian terhadap generasi muda, khususnya dalam partai, harus terus diberikan mengingat generasi muda merupakan penentu masa depan bangsa.

Pada kesempatan itu, Megawati juga mengundang Ketua umum dan anggota Partai Saenuri untuk melakukan kunjungan ke Kantor Pusat PDI Perjuangan.

PDI Perjuangan telah melakukan kerja sama dengan beberapa partai politik, dan kerja sama dengan Partai Saenuri diharapkan dapat meningkatkan hubungan persahabatan antara Indonesia dan Korea Selatan, kata Megawati.

Menanggapi hal itu, Hwang Woo Yea mengatakan bahwa Partai Saenuri sangat antusias menerima undangan PDIP itu. Dia juga mengatakan bahwa kedatangan Megawati sudah lama dinantikan mengingat Korea Selatan sekarang juga memiliki seorang presiden wanita.

Pada akhir pertemuan, kedua pemimpin partai tersebut saling menugaskan petugas penghubung di partai masing-masing untuk menindaklanjuti kesepakatan kerja sama antara kedua partai.

Dalam pertemuan itu Megawati Soekarnoputri didampingi oleh Wakil Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua DPP PDIP Andreas Pareira, Ketua Bidang Maritim dan Perikanan DPP PDIP Rokhmin Dahuri, dan Ketua Bidang Industri dan Perdagangan DPP PDIP Nusyirwan Sujono.

Sebelumnya, Megawati Soekarnoputri bertolak ke Korea Selatan pada Minggu (24/3) untuk memenuhi undangan dari salah satu surat kabar terkemuka di Korea Selatan, The Chousnilbo, dan untuk memenuhi undangan Gubernur Provinsi Jeju, Korea Selatan.

Selaku Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri akan menjadi pembicara kunci pada acara "Asian Leadership Conference 2013", yang diselenggarakan oleh The Chosunilbo. Bersama dengan tokoh dunia lainnya, seperti Colin Powell, Yasuo Fukuda, Kevin Rudd, Tarja Halonen.
(Y012/Z003)

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013