Liga 1 Indonesia

Gol semata wayang Ryo Matsumura antar Persija tundukkan Persebaya

Gol semata wayang Ryo Matsumura antar Persija tundukkan Persebaya

Pesepak bola Persija Jakarta Syahrian Abimanyu (kanan) berebut bola dengan Pesepak bola Persebaya Surabaya Sho Yamamoto (kiri) dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu (30/7/2023). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nz/aa.

Jakarta (ANTARA) - Gol semata wayang Ryo Matsumura pada menit ke-38 mengantar Persija Jakarta menundukkan tamunya Persebaya Surabaya dengan kemenangan 1-0 pada pertandingan Liga 1 yang dimainkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu malam.

Kemenangan kedua di musim ini bagi Persija membawa mereka naik ke posisi kelima di klasemen sementara dengan koleksi delapan poin. Sedangkan Persebaya tertahan di posisi ke-15 dengan koleksi lima poin.

Berstatus tim tamu, Persebaya justru lebih banyak mendominasi permainan pada fase awal pertandingan. Persebaya mendapatkan peluang pertama melalui Sho Yamamoto dari situasi tendangan penjuru, sebelum bola dapat dibuang para pemain Persija.

Persija mencoba bangkit dari tekanan. Tetapi upaya mereka masih belum menghasilkan ancaman nyata ke gawang Persebaya yang dikawal Andhika Ramadhani.

Beberapa peluang coba dikreasikan Persija lewat sepakan jarak jauh. Namun, ancaman yang benar-benar berbahaya jarang didapat kubu Persebaya.

Peluang bagus akhirnya didapat Persija pada menit ke-23. Kali ini melalui sepakan Riko Simanjuntak yang masih dapat ditepis kiper Andhika.

Persebaya tidak mau ketinggalan menciptakan peluang. Dari situasi sepakan penjuru, bola umpan Yamamoto disundul oleh Paulo Victor namun masih melebar dari gawang Andritany Ardhyasa.

Petaka untuk Persebaya terjadi pada menit ke-28. Arief Catur melakukan pelanggaran keras terhadap Witan Sulaeman di depan kotak penalti yang membuatnya diganjar kartu merah oleh wasit. Persebaya pun harus tampil dengan sepuluh pemain.

Gol pemecah kebuntuan akhirnya tercipta pada menit ke-38. Diawali pergerakan di sisi kanan pertahanan Persebaya, bola kemudian diumpankan dengan tumit oleh Witan, untuk dikontrol dan dieksekusi dengan sempurna oleh Ryo. 1-0 untuk Persija bertahan sampai turun minum.

Baca juga: Persis Solo ditahan imbang 1-1 lawan Arema FC

Setelah pertandingan babak kedua dimulai, Persebaya kembali menggeliat. Victor Paulo menyundul bola kiriman Yamamoto namun terlalu jauh di atas mistar gawang Persija, sedangkan tendangan bebas Reva Adi dapat diantisipasi oleh Andritany.

Persija melakukan tiga pergantian pemain sekaligus pada menit ke-60 dengan memasukkan Resky Fandi, Rayhan Hannan, dan Akbar Arjunsyah.

Rayhan hampir mengemas gol saat menerima umpan bagus di dalam kotak penalti. Namun sepakan kaki kirinya lemah sehingga dapat dengan mudah ditangkap kiper Andhika.

Peluang bagus milik Persija lainnya didapatkan Ryo, tetapi kali ini sepakan kaki kanannya membentur tiang gawang kanan tim tamu.

Persebaya sempat mendapat peluang bagus untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-84. Sayangnya eksekusi tendangan bebas Reva Adi dari sudut yang bagus masih melambung di atas mistar gawang tuan rumah. Skor 1-0 untuk keunggulan Persija bertahan sampai peluit panjang berbunyi.

Daftar susunan pemain:

Persija Jakarta: Andritany Ardhyasa, Firza Andika (Dony Tri Pamungkas 60'), Rio Fahmi, Ondrej Kudela, Rizky Ridho, Hanif Sjahbandi, Maciej Gajos (Resky Fandi 60'), Riko Simanjuntak, Ryo Matsumura (aji Kusuma 79'), Syahrian Abimanyu, Witan Sulaeman (Akbar Arjunsyah 60')

Persebaya: Andhika Ramadhani, Ahmad Nuri Fasya (Iqbal 67'), Arief Catur Pamungkas, Dusan Stevanovic, Kadek Raditya Maheswara, Riswan Lauhim (Reva Adi 34'), Ripal Wahyudi (Andre Oktaviansyah 67'), Toni Firmansyah, Bruno Moreira, Paulo Victor, Sho Yamamoto

Baca juga: Persebaya Surabaya termotivasi untuk tampil di SUGBK hadapi Persija
Baca juga: Doll berharap Persija bisa tampil beda ketika hadapi Persebaya

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2023

FTS PDO CONNECTION ERROR: SQLSTATE[HY000] [2002] Connection refused