... muncullah ide ini. Sekarang saya tahu dia berjalan sejauh dua mil setiap hari, kemana dia pergi tiap malam, dan siapa yang memberinya makan... "
Jakarta (ANTARA News) - Ini temuan yang mungkin dicari-cari penyayang binatang, untuk melacak keberadaan hewan peliharaannya. Namanya "G-Paws", kombinasi dari GPS dan beberapa piranti elekronika lain, mirip penjejak binatang liar di habitatnya.

Teorinya sederhana saja, pasang "G-Paws" di leher hewan kesayangan Anda (untuk sementara baru bisa dipasang pada hewan-hewan peliharaan cukup besar, di antaranya kucing dan anjing). Jalur "perjalanan" hewan kesayangan Anda itu akan tercatat --memakai GPS-- dan bisa dihubungkan ke komputer melalui soket USB. 

Hasilnya? Peta pengelanaan hewan peliharaan kesayangan Anda itu bisa dicetak. 

Bermula dari seorang pria penyayang binatang,Dave Evans (42), si pembuat "G-Paws" itu. Dia tiba-tiba menemukan kucingnya, Yollo, tambah gemuk. "Kami menyadari Yollo menjadi gemuk walaupun kami tidak memberi makanan lebih dari biasanya," kata Evans, seperti dikutip dari laman Digital Spy.

"Kami curiga dia diberi makan di rumah orang lain, jadi muncullah ide ini. Sekarang saya tahu dia berjalan sejauh dua mil setiap hari, kemana dia pergi tiap malam, dan siapa yang memberinya makan." 

Evans mengungkapkan rencana membuat situs media sosial untuk pemilik hewan peliharaan agar mereka bisa berbagi informasi tentang kemana dan sejauh apa hewan peliharaan mereka berkelana. 

Jadi, jika ingin tahu dan mengantisipasi resiko kehilangan hewan peliharaan kesayangan Anda, "G-Paws" bisa membantu. 

(nan)

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013