... menceritakan aktivitas gangster di Amerika Serikat pada masa pergantian abad... "
Jakarta (ANTARA News) - Sutradara Martin Scorsese berencana menggarap filmnya yang berjudul Gangs of New York besutan Martin Scorcese, menjadi serial televisi. Film ini mengungkap sekelumit perseteruan gangstre klan Yahudi melawan klan Sisilia, Italia, pada pertengahan masa imigrasi mereka ke Amerika Serikat. 

Sutradara berusia 70 tahun itu bekerja sama dengan Miramax untuk menceritakan aktivitas gangster di Amerika Serikat pada masa pergantian abad, seperti yang dikutip dari Telegraph.

Film yang 10 kali menjadi nominator Oscar itu dirilis pada 2002. Film itu dibintangi Leonardo DiCaprio dan Daniel Day-Lewis, yang kala itu juga masuk nominasi Oscar untuk kategori aktor terbaik, atas perannya sebagai gangster Bill The Butcher Cutting.

Film itu menuai pujian atas gambaran yang cukup akurat tentang peperangan antar gangster di Manhattan pada pertengahan abad-19. Kebrutalan mereka cukup tergambar berikut latar sosial-politik kekuasaan saat itu.

Menurut Scorsese, ada beberapa karakter dan cerita dari masa itu yang tidak bisa dieksplorasi dalam film sehingga serial televisi mampu menangkap masa dan kebebasan saat itu menjadi kenyataan.

Serial televisi itu nanti akan menceritakan tindak kriminal terorganisir di Chicago, New Orleans, dan juga New York.

Scorsese bukan orang baru di dunia  televisi. Ia pernah menjadi produser eksekutif untuk Broardwalk Empire, serial tv Amerika yang menceritakan kehidupan gangster dan politikus di Atlantic City. 

(nan)

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013