Di pemberitaan dan di twitter juga ramai dibicarakan. Makanya jadi penasaran"
Bandung (ANTARA News) - Masyarakat dari kalangan anak muda hingga dewasa antusias datang ke Jalan Braga Kota Bandung, Sabtu malam, untuk menikmati uji coba program car free night/CFN (malam bebas kendaraan) walaupun hanya berlangsung dua jam. CFN baru akan mulai dilakukan pada 6 April mendatang.

"Iya nih serunya, biasanya kan kalau jalan di Kota Bandung ditutup itu kalau acara car free day pagi hari. Nah kalau ini mah malam hari. Seru saja, bisa nongkrong malam hari di Jalan Braga," kata salah seorang warga Antapani Anita Rumiati (24) yang datang bersama empat kawannya.

Hal serupa juga diutarakan Rifky, dirinya tak ingin melewatkan uji coba car free night tersebut bersama sang pujaan hati.

"Kemarin kan di pemberitaan ada dan di twitter juga ramai dibicarakan. Makanya jadi penasaran. Ya lumayan lah, bisa malam mingguan di car free night Braga ini," kata dia.

Penutupan Jalan Braga dilakukan oleh petugas polisi dari Polrestabes Bandung sekitar pukul 18.00 WIB dan dibuka kembali pada pukul 20.00 WIB.

Selama ditutup, banyak masyarakat yang memanfaatkan momen uji coba car free night di Jalan Braga tersebut dengan berjalan-jalan atau berkumpul di trotoar jalan dan dan berfoto di sepanjang jalan tersebut.

Namun, saat pelakanaan uji coba car free night tersebut ada beberapa kendaraan roda empat yang masih terparkir di bahu Jalan Braga.

Salah satu jalan protokoler di Kota Kembang Bandung yakni Jalan Braga panjang yang jalannya menggunakan batu andesit, ditutup pada Sabtu malam ini.

Kanit Dityasa Polwiltabes Bandung Erwan Dwiyanto mengatakan penutupan ini merupakan uji coba rencana pelaksanaan car free night dan "Braga Week End Market" yang akan dilaksanakan pada 6 hingga 7 April 2013 mendatang.

Ia menjelaskan, selama penutupan arus lalu lintas yang mengarah ke Braga Andesit dari Jalan ABC akan diarahkan lurus menuju Jalan Naripan.

Sementara itu untuk arus lalu lintas yang berasal dari Jalan Braga pintu kereta akan diarahkan ke Jalan Lembong dan Jalan Suniaraja.

Untuk lahan parkir akan diarahkan di Jalan Naripan depan Bank Jabar, Jalan Lembong depan Bank Niaga, Jalan Cikapundung di depan eks Gedung Matahari dan di depan alun-alun Bandung.

Pihaknya menambahkan, untuk pengamanan uji coba car free night tersebut akan dikerahkan sebanyak 50 petugas kepolisian, 20 orang dari Dishub dan dibantu warga yang dikordinasikan oleh Komunitas Galur Braga.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013