Jakarta (ANTARA) - Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan pihaknya sudah mengirim bantuan logistik dengan berat total 17,1 ton untuk menangani kekeringan di dua distrik Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

"Udah, udah jalan, udah selesai. Bantuan kita lancar kok. Aku enam kali trip," kata Risma saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu.  

Risma menjelaskan bahwa pihaknya sudah mendistribusikan bantuan sejak Rabu (26/7) hingga Senin (31/7) atau selama lima hari menggunakan pesawat.

Berdasarkan laporan penyaluran bantuan Kemensos, bantuan logistik yang didistribusikan itu berupa makanan siap saji, makanan anak, lauk pauk, makanan kaleng, biskuit, tenda gulung, pakaian anak dan dewasa, serta selimut.  

Total barang bantuan itu mencapai 17,1 ton yang didistribusikan ke dua distrik terdampak kekeringan, yakni Distrik Agandugume dan Distrik Lambewi .

Sebagai rincian, bantuan yang diberikan terdiri dari makanan siap saji sebanyak 4.000 paket, makanan anak sebanyak 4.000 paket, lauk pauk siap saji 2.000 paket, sarden sebanyak 125 dus, kornet daging sebanyak 32 dus, abon sapi 15 dus dan biskuit 118 dus.  

Selain itu, Kemensos juga menyerahkan bantuan tenda gulung sebanyak 500 lembar, pakaian anak sebanyak 3.000 setel, pakaian dewasa sebanyak 4.000 setel, celana dewasa sebanyak 4.000 lembar, dan selimut sebanyak 4.000 lembar.  

Adapun kekeringan yang terjadi di Kabupaten Puncak, Papua Tengah menyebabkan warga setempat kesulitan mendapatkan air bersih hingga mengakibatkan enam warga meninggal dunia.

Keenam korban yang diduga meninggal karena diare dan dehidrasi tersebut meliputi lima orang dewasa dan seorang bayi meninggal dunia.

Baca juga: Mensos beri bantuan 1.000 ekor babi kepada warga Papua Pegunungan

Baca juga: Presiden: Tangani dampak cuaca ekstrem di Papua Tengah secepatnya

Baca juga: Menko Kesra-Kepala BNPB salurkan bantuan kekeringan di Kabupaten Puncak



 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023