Jakarta (ANTARA News) - Neraca perdagangan nonmigas Indonesia pada Februari 2013 surplus sebesar 777,9 juta dolar AS sementara neraca perdagangan migas defisit 1,1 miliar dolar AS sehingga neraca perdagangan nasional mengalami defisit 327,4 juta dolar AS.

Dari siaran pers yang diterima Antara di Jakarta, Selasa, menyebutkan, defisit neraca perdagangan pada Februari membuat defisit perdagangan selama dua bulan pertama tahun 2013 mencapai 402,1 juta dolar AS.

Menurut Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi, terjadinya defisit neraca perdagangan disebabkan oleh defisit perdagangan migas sebesar 2,4 miliar dolar AS. Nilai tersebut meningkat tajam dari tahun sebelumnya, meskipun surplus perdagangan nonmigas naik dari 1,9 miliar dolar AS menjadi dua miliar dolar AS.

Menurut dia, bila dilihat secara bulanan sejak Januari 2012, neraca perdagangan migas selalu mengalami defisit, kecuali pada bulan Januari, Mei dan Juli 2012.

Pada 2013, defisit dua bulan pertama relatif besar, yakni di atas rata-rata defisit bulanan. Sebaliknya neraca perdagangan sektor nonmigas mengalami surplus mencapai di atas rata-rata surplus bulanan.

"Tekanan neraca perdagangan tidak hanya menimpa Indonesia, namun juga terjadi di banyak negara, kecuali Cina, Singapura dan Korea Selatan yang masih surplus di awal 2013," katanya.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013