Jangan sampai seperti selama ini, setelah menang di tingkat provinsi tidak ada pembinaan, sehingga di tingkat nasional hanya seperti jalan-jalan saja. Artinya pergi tidak punya persiapan, pulang tidak menggotong piala,"
Bandarlampung (ANTARA News) - Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMP se-Provinsi Lampung dimulai Selasa ini hingga 4 April 2013 di Hotel Nusantara Bandarlampung.

Pembukaan FLS2N sudah dilaksanakan pada Senin (1/4) oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Drs Tauhidi MM yang diwakili Sekretaris Dinas Pendidikan Lampung Siti Maidasuri.

FLS2N yang ke-5 ini melombakan sembilan tangkai seni, di antaranya Lomba Cipta Cerpen, Melukis, Membatik, MTQ, Vokal Grup, Cipta Puisi, Cipta Lagu, Musik Tradisional, dan Tari Tradisional.

Setiap tangkai diikuti sembilan peserta dari siswa SMP kota/kabupaten se-Lampung.

Menurut Nabhan, Ketua pelaksana FLS2N, para pemenang untuk juara I akan dikirim ke FLS2N tingkat nasional di Medan pada bulan Juni 2013 mendatang.

Isbedy Stiawan ZS, salah satu juri untuk Cipta Cerpen berharap para pemenang nantinya dikarantina untuk pembekalan dan pembinaan secara intensif sebelum ke Medan.

"Jangan sampai seperti selama ini, setelah menang di tingkat provinsi tidak ada pembinaan, sehingga di tingkat nasional hanya seperti jalan-jalan saja. Artinya pergi tidak punya persiapan, pulang tidak menggotong piala," katanya.

Utusan Lampung pernah sukses di FLS2N untuk Cipta Puisi dengan menyabet juara 3.

Hal senada dikatakan Oyos Saroso HN, juri Cipta Cerpen.

Dia minta Dinas Pendidikan Lampung agar memberikan pembinaan bagi peserta yang akan dikirim ke nasional.

"Pembinaan itu diperlukan bagi peserta yang akan berlomba di tingkat nasional agar punya bekal yang kuat," ujar dia lagi.

Pewarta: Budisantoso Budiman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013