...larangan masuk pada radius 1.000 meter sudah dilakukan
Jakarta (ANTARA News) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan hingga saat ini peningkatan aktivitas yang terjadi di Gunung Dieng masih berstatus siaga atau level tiga.

"Statusnya masih tetap siaga atau level tiga dari sebelumnya waspada atau level dua," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Rabu.

Sutopo menjelaskan, tingkatan aktivitas gunung adalah mulai dari normal, lalu waspada, lalu siaga dan tingkatan terakhir adalah awas. "Pada saat ini status Gunung Dieng masih siaga, belum masuk awas," katanya.

Namun, kata dia, petugas di posko pengamatan Gunung Dieng terus mengikuti perkembangan aktivitas di kawah timbang.

Sementara itu, gempa vulkanik masih terus terjadi di gunung dieng mulai dari yang bersifat dalam maupun yang dangkal. Dia menambahkan instansi terkait telah merekomendasikan agar tidak ada aktivitas masyarakat pada jarak 1.000 meter dari kawah Timbang.

"Kami terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan larangan masuk pada radius 1.000 meter sudah dilakukan," katanya.

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono terus mengikuti perkembangan status gunung api Dieng yang memasuki level siaga.

"Saya meminta Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi dan BNPB terus melaporkan perkembangannya," kata dia.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013