Lemsaneg memiliki dua fungsi strategis, yaitu jaminan keamanan informasi dan intelijen sinyal, termasuk di dalamnya pengembangan kemampuan mengupas informasi bersandi milik asing, khususnya pihak-pihak yang dinilai berpotensi mengganggu stabilitas ke
Jakarta (ANTARA News) - Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) dalam usianya ke-67 tahun, terus melakukan upaya pengembangan teknologi di bidang persandian, untuk mewujudkan keamanan nasional dan tantangan global.

"Lemsaneg memiliki dua fungsi strategis, yaitu jaminan keamanan informasi dan intelijen sinyal, termasuk di dalamnya pengembangan kemampuan mengupas informasi bersandi milik asing, khususnya pihak-pihak yang dinilai berpotensi mengganggu stabilitas keamanan nasional," kata Kepala Lemsaneg Mayjen TNI Dr Djoko Setiadi, MSi pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 Persandian RI di Jakarta, Kamis.

Hadir dalam acara tersebut, antara lain Menhan Purnomo Yusgiantoro, Gubernur DI Yogyakarta Sultan Hamengkubowono X, Jaksa Agung Basreif Areif, Wakapolri Komjen Pol Nanan Sukarna, dan Kepala Basarnas Alfan Baharuddin.

Djoko Setiadi mengatakan, Lemsaneg sebagai lembaga strategis telah menerima pendelegasian tugas dan wewenang dari pemerintah untuk menyelenggarakan persandian dalam rangka menjamin keamanan dan melindungi kerahasiaan informasi berklasifikasi.

Dia menjelaskan, selama 67 Tahun perjalanan Lemsaneg, berbagai upaya yang telah dilakukan dalam rangka menjamin keamanan informasi di lingkungan Kementerian/Lembaga antara lain melalui kerja sama yang telah terjalin diantaranya dengan Setneg, Kemendagri, Kemhan, Kemenkeu, Kemkominfo, Kemlu, LKPP, KPU, Bakorkamla, dan instansi lainnya.

"Kerjasama ini bertujuan untuk memberikan jaminan keamanan informasi berklasifikasi yang bersifat strategis. Selain itu, Lemsaneg berperan aktif dalam melakukan kegiatan operasi analisis sinyal serta pemecahan sandi asing," katanya.

Djoko menambahkan, menjaga kerahasiaan informasi, seyogyanya sudah menjadi kesadaran bersama, guna mengantisipasi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang tumbuh sangat cepat.

Rangkaian acara kegiatan HUT Lemsaneg dimulai dengan upacara dan dilanjutkan dengan acara syukuran. Kegiatan itu ini dihadiri oleh pejabat negara, perwakilan dari Unit Teknis Persandian, dan tamu undangan dari berbagai instansi pemerintah.

Kegiatan tersebut bertema "Dengan Semangat HUT ke-67 Persandian RI, Kita perkokoh peran dan eksistensi persandian di Tengah Tantangan Globalisasi dalam Mewujudkan Keamanan Nasional".

Selain itu, Lemsaneg juga melakukan kegaiatan berupa pertandingan olahraga, donor darah, sunatan masal, ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, jalan santai, bakti sosial dan anjangsana.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013