Ratu Elizabeth dapat penghargaan film

Ratu Elizabeth dapat penghargaan film

Ratu Inggris, Elizabeth II.(REUTERS/Ian Gavan/Pool)

Jakarta (ANTARA News) - Ratu Elizabeth mendapat penghargaan paling bergengsi di dunia hiburan Inggris, British Academy of Film and Television Arts (BAFTA), atas dukungannya pada industri film dan televisi.

Sutradara dan aktor Kenneth Branagh menyerahkan penghargaan kehormatan BAFTA--setara dengan Oscar di Hollywood-- kepada Ratu berusia 86 tahun itu atas dukungannya terhadap organisasi hiburan di negara itu sejak naik tahta pada 1952.

Ratu Elizabeth secara personal menunjukan dukungannya terhadap industri film dengan ikut membintangi film James Bond bersama Daniel Craig sebagai bagian dari upacara pembukaan Olimpiade London 2012.

Potongan film yang dilihat pemirsa televisi seluruh dunia itu menunjukkan pertemuan Ratu Elizabeth dengan Daniel Craig di Istana Buckingham sebelum terbang menggunakan helikopter di atas stadion.

Kedatangan tak terduga Ratu menjadikannya sebagai "gadis Bond paling dikenang", kata John Willis, Ketua BAFTA.

Saat menyerahkan penghargaan di kediaman Ratu di Windsor Castle, London, Branagh bergurau bahwa masih banyak tawaran peran jika Ratu bersedia.

"Beberapa kolega saya yang ada di sini malam ini ingin memberi tahu Anda bahwa mereka ingin Anda banyak terlibat di film Inggris. Mereka punya banyak skenario bagus untuk Anda," kata Branagh seperti dikutip Reuters.

Ratu dan keluarga kerajaan Inggris menuai banyak dukungan dalam beberapa tahun belakangan setelah pada 2011 cucunya, Pangeran William, menikahi Kate Middleton.

Penerjemah:
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar