Malang (ANTARA News) - PT Telkomsel menargetkan sekitar 20 persen dari total pendapatan tahun 2013 yang diproyeksikan sebesar Rp60 triliun disumbang dari bisnis layanan komunikasi data cepat (broadband), penjualan aplikasi, dan konten.

Direktur Network Telkomsel Abdus Somad Arief kepada wartawan usai penandatanganan kerja sama dengan Universitas Malang, di Malang, Jawa Timur, pada Jumat mengatakan, pengguna layanan data mengalami pertumbuhan hingga dua kali lipat setiap tahun.

"Tahun lalu dari total pendapatan sekitar Rp54 triliun, kontribusi layanan data dan penjualan aplikasi maupun konten sekitar 18 persen. Tahun ini kami harapkan bisa naik menjadi minimal 20 persen," katanya.

Bahkan, hingga 2015 mendatang, tambahnya, bisnis layanan data, aplikasi dan konten yang diperkirakan berkembang pesat, ditargetkan mampu menyumbang sepertiga atau 33 persen dari total pendapatan perusahaan.

Menurut Abdus Somad, jumlah pengguna layanan broadband awal 2013 sekitar 55 juta dan diharapkan bisa menjadi lebih kurang 80 juta pengguna hingga akhir tahun. Sementara jumlah pelanggan Telkomsel ditargetkan tumbuh menjadi 130 juta.

Untuk mendukung bisnis layanan komunikasi data, lanjut Abdus Somad, pihaknya terus fokus membenahi dan meningkatkan kapasitas jaringan di berbagai wilayah dengan menambah menara BTS 3G atau Node-B.

"Sekitar 70 persen dari total belanja modal Rp10 triliun pada tahun ini, kami gunakan untuk membangun BTS 3G. Sementara sisanya untuk perluasan jaringan 2G di wilayah-wilayah yang belum terjangkau," tambahnya.

Hingga kini, anak perusahaan PT Telkom Tbk itu telah mengoperasikan lebih kurang 57.000 BTS baik 3G maupun 2G.

Abdus Somad menambahkan seiring pesatnya pertumbuhan pengguna layanan komunikasi data, Telkomsel juga terus memperluas akses dengan menargetkan 300 kota terjangkau oleh layanan broadband-nya tahun ini.

"Kami harapkan pada 2014 mendatang, seluruh kabupaten/kota di Indonesia sudah terjangkau layanan broadband atau data," ujarnya.

Sementara itu, Head of ICT Network Management Jatim Division Telkomsel Galumbang Pasaribu menambahkan pihaknya sudah melakukan modernisasi jaringan di hampir seluruh wilayah Jatim, guna meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan.

"Modernisasi jaringan 2G sudah rampung seluruhnya, sementara untuk jaringan 3G mencapai sekitar 80 persen dan ditargetkan pada April sudah selesai," katanya.

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013