Untuk memberikan rasa nyaman, maka pasar tradisional harus bersih sehingga masyarakat akan merasa senang ketika datang ke pasar tersebut seperti layaknya di pasar modern,"
Serang (ANTARA News) - Kondisi pasar tradisional harus bisa memberikan rasa nyaman pada masyarakat sehingga konsumen merasa "betah" berada di pasar tersebut sehingga bisa bersaing dengan pasar modern, kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten Ranta Suharta..

"Untuk memberikan rasa nyaman, maka pasar tradisional harus bersih sehingga masyarakat akan merasa senang ketika datang ke pasar tersebut seperti layaknya di pasar modern," katanya di Serang, Senin.

Guna mewujudkan kenyamanan itu, kata dia, sebanyak delapan pasar tradisional di Provinsi Banten, pada 2013 akan direvitalisasi menggunakan anggaran bantuan dari Kementerian Perdagangan.

Bantuan untuk revitalisasi tersebut, kata dia, sekitar Rp6,2 miliar yang disalurkan pada tiga daerah, yakni Kabupaten Pandeglang, Kota Cilegon dan Kabupaten Lebak.

"Bantuan ini merupakan program pusat dalam bentuk dana alokasi khusus (DAK). Dananya langsung ditransfer ke daerah masing-masing," kata Ranta.

Menurut Ranta, untuk pasar di Kota Cilegon mendapatkan bantuan sebesar Rp1 miliar untuk revitalisasi Pasar Merak. Kemudian di Kabupaten Lebak diberikan bantuan sekitar Rp2,7 miliar untuk revitalisasi Pasar Maja dan Pasar Cikulur.

Selain itu untuk di Kabupaten Pandeglang dialokasikan sekitar Rp 2,4 miliar yan akan dialokasikan untuk revitalisasi lima pasar, yakni Pasar Pandeglang, Pasar Carita, Pasar Cibaliung, Pasar Batu, dan Pasar Panimbang.

Menurutnya, program revitalisasi pasar tradisional tersebut bertujuan untuk meningkatkan daya saing keberadaan pasar tradisional dari pengaruh maraknya pasar ritel atau pasar modern.

Selain itu, program tersebut juga bertujuan untuk penataan kios-kios pasar tradisional agar tertata lebih baik lagi dan keberadaan pasar trasional terlihat tertib, bersih dan tidak terkesan kumuh.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pasar Kabupaten Pandeglang Dadan T Daniel menyatakan daerah itu mendapat bantuan Rp2,4 miliar dari pemerintah pusat yang diberikan dalam bentuk dana alokasi khusus (DAK), untuk perbaikan pasar tradisional di daerah itu.

Bantuan tersebut dialokasikan untuk merevitaliasi lima pasar tradisional di Pandeglang, yakni Pasar Badak Pandeglang, Pasar Carita, Pasar Cibaliung, Pasar Batu, dan Pasar Panimbang. (S031/Z002)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013