Jakarta (ANTARA News) - Uganda memecat pelatih tim nasional Bobby Williamson, kata federasi sepak bola negara itu, Senin, di saat tim mereka berada di dasar klasemen penyisihan Piala Dunia pada pertengahan perjalanan kompetisi.

Pelatih dari Skotlandia itu terikat kontrak hingga September 2014, tetapi Federasi Sepak Bola Uganda (FUFA) memutuskan melepas pelatih itu setelah tim mereka kalah 0-2 pada laga penyisihan Piala Dunia lawan Liberia bulan lalu.

"FUFA melaporkan kepada publik bahwa sudah ada pemutusan hubungan kerja pada Senin 8 April 2013 antara pelatih utama Cranes Mr Robert `Bobby` Williamson," bunyi pernyataan dari organisasi sepak bola itu yang dilansir Reuters.

Pelatih berusia 51 tahun itu bekerja di Uganda sebagai pelatih sejak Juli 2008 dan membawa mereka meraih gelar juara turnamen regional tiga kali, gelar CECAFA pada 2010, 2012 dan 2013.

Ia juga nyaris meloloskan tim itu ke Piala Bangsa Afrika 2013 tapi secara dramatis kalah pada adu penalti lawan tim yang akhirnya menjadi juara, Zambia.

Uganda berada di dasar klasemen penyisihan Piala Dunia, tetapi hanya tiga poin terpaut dari tim puncak Senegal dan mereka akan bertemu dengan Liberia dan Angola pada laga kandang, Juni. (A008/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013