Jakarta (ANTARA News) - Partai Nasional Demokrat (Nasdem) menjaring artis untuk mendaftar dalam Daftar Calon Legislatif Sementara (DCS) yang akan diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Dalam memilih bakal caleg, kami melihat rekam jejak, tingkat keterkenalan dan keseriusan, artis juga ikut meramaikan DCS di beberapa daerah," ujar Sekretaris Jenderal Nasdem Rio Patrice Capella saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Rio mengemukakan, nama-nama artis tersebut adalah Melly Manuhutu untuk daerah pemilihan di Jawa Barat, Sarwana untuk dapil di Sulawesi Barat, Mel Sandy untuk dapil di Jawa Barat dan seorang olahragawan Ricky Subagja untuk dapil di Bandung.

Nasdem, lanjut Rio, masih menunggu artis lain untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon perwakilan rakyat di daerah.

Menurut Rio, animo masyarakat untuk mendaftarkan diri menjadi bacaleg Nasdem cukup tinggi, terbukti terdapat sekitar 20 ribu orang yang mendaftarkan diri di seluruh Indonesia, termasuk dari kalangan artis.

"Kebanyakan dari kalangan pengusaha dan aktivis," kata Rio.

Dalam menyeleksi bacalegnya, lanjut Rio, Nasdem tidak melakukan seleksi khusus, namun melihat dari rekam jejak dan keseriusan calon tersebut.

Untuk memenuhi keterwakilan 30 persen perempuan setiap dapil, Nasdem mengoptimalkan sayap perempuan Garda Wanita Partai Nasdem (Garnita) dan melakukan sosialisasi komitmen Nasdem tentang perubahan.

"Kami siap menyerahkan DCS ke KPU dan seluruh Indonesia sebelum tanggal 22 April 2013," ujar Rio.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013