Bandung (ANTARA News) - Ratusan pelaku usaha kecil menengah (UKM) binaan BUMN di Jawa Barat mengikuti pameran produk pada ajang BUMN Expo 2013 yang digelar di Graha Manggala Siliwangi Kota Bandung, 10-14 April 2013.

"Selama lima hari UKM akan melakukan pameran dan melayani pesanan, BUMN Expo ini mempertemukan pelaku UKM dengan para `buyer` baik dari dalam maupun luar negeri," kata Senior Manager Kemitraan PT Telkom Indonesia Harmon Yero selaku Koordinator BUMN Expo, Rabu.

BUMN Expo diikuti oleh UMK mitra binaan dari 10 BUMN yang ada di Jawa Barat baik jasa keuangan, perbankan, asuransi, telekomunikasi dan lainnya.

Kegiatan itu juga sebagai ajang untuk meningkatkan eksistensi para UKM yang selama ini menjadi binaan BUMN melalui program kemitraan dan bina lingkungan.

"Setiap BUMN memiliki cukup banyak mitra binaan dalam program Kemitraan yang digulirkannya, ajang ini salah satu upaya untuk membuka jejaring pasar dan peningkatan kapasitas produksi," katanya.

Pameran yang dibuka oleh Ketua Dekranasda Jawa Barat Ny Netty Prasetyani Heryawan tersebut diikuti oleh sejumlah pelaku UKM dari luar Jawa Barat yang menampilkan produk-produk andalan dari daerah lain.

"Pameran seperti BUMN Expo ini angat positif untuk promosi dan pemasaran produk. Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kapasitas UMKM dalam persiapan menghadapi pasar bebas," kata Netty.

Salah satunya, kata Netty memperiapkan para pelaku UKM menjelang pelaksanaan pasar bebas ASEAN pada 2015, dimana produk-produk UKM tidak hanya bersaing dengan produk lokal namun juga dengan produk negara-negara ASEAN lainnya.

Netty berharap ajang pameran itu menjadi sebuah sarana untuk membangun dan meningkatkan trust alias kepercayaan publik Jabar terhadap produk-produk lokal.

"Masyarakat harus didorong untuk memiliki kepercayaan dan cinta produk lokal, dimana produk lokal tidak kalah dan bisa bersaing dengan produk impor. Produk lokal harus menjadi tuan rumah di negara sendiri," kata Ketua Dekranasda Jabar itu menambahkan.
(S033/Y003) 

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013