New York (ANTARA News) - Penjualan komputer personal (PC) global merosot 13,9 persen pada kuartal pertama 2013, demikian menurut perusahaan riset IDC yang dikutip AFP.

Menurut IDC pada Rabu, pengiriman PC global mencapai 76,3 juta unit selama kuartal pertama, penurunan keempat kuartal berturut-turut tahun-ke-tahun. 

Kelompok riset itu mengatakan penjualan turun "secara signifikan di seluruh wilayah" dan menyebutnya sebagai kontraksi terburuk sejak perusahaan mulai melakukan penelusuran pasar pada 1994.

Perusahaan riset itu menyebut tablet dan smartphone atau telepon pintar "terus mengalihkan belanja konsumen" dan upaya para pembuat PC menghadirkan layar sentuh, peningkatan kemampuan, dan sistem ultraslim tidak banyak berpengaruh.

Hasil survei tersebut lebih buruk dari perkiraan IDC, yang sebelumnya memproyeksikan penurunan 7,7 persen tahun-ke-tahun meski perusahaan itu menyebut "ada beberapa perbaikan ringan pada lingkungan ekonomi dan beberapa model PC baru" dengan sistem operasi Windows 8.

"Pada titik ini, sayangnya, tampak jelas bahwa peluncuran Windows 8 tidak hanya gagal memberikan dorongan positif terhadap pasar PC, tetapi tampak telah memperlambat pasar," kata analis IDC, Bob O'Donnell.

"Microsoft harus membuat beberapa keputusan yang sangat sulit untuk bergerak maju jika ingin membantu menghidupkan kembali pasar PC," katanya.

IDC mengatakan Hewlett-Packard tetap vendor terkemuka meskipun turun 23 persen tahun-ke-tahun pada pengiriman kuartal pertama dan Lenovo China tetap di posisi kedua.

Menurut IDC, HP menjual 11,9 juta PC dengan pangsa pasar 15,7 persen dan Lenovo menjual 11,7 juta dengan pangsa pasar 15,3 perse. Dell berada pada posisi ketiga dengan 11,8 persen dan Acer 8,1 persen.

Laporan Gartner juga tak kalah suram. Menurut Gartner, pengiriman PC global turun 11,2 persen dari 79,2 juta tahun lalu menjadi untuk pertama kali kurang dari 80 juta unit sejak kuartal kedua 2009. 

Analis Gartner, Mikako Kitagawa, mengatakan,"Konsumen melakukan migrasi konsumsi dari PC ke perangkat lain seperti tablet dan telepon pintar. Bahkan di pasar yang sedang tumbuh, dimana penetrasi PC masih rendah, diperkirakan tidak akan menjadi area pertumbuhan penjual PC."

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013