Madrid (ANTARA News) - Spanyol meloloskan dua raksasa sepak bola dunia, Real Madrid dan Barcelona; sementara Jerman meluncurkan Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund di ajang kompetisi sepak bola Liga Champions.

Keempat tim yang lolos menjadi finalis Liga Champions itu segera mengundi nasib di markas asosiasi sepak bola Eropa (UEFA), Nyon, Swis pada Jumat (12/3).

Kini Spanyol dan Jerman benar-benar menguasai peta kekuatan sepak bola Eropa, sebagaimana dikutip dari laman Marca.

Di tengah dominasi Spanyol dan Jerman itu, klub-klub Liga Inggris (Premier League) mengalami paceklik gelar dalam peta sepak bola Eropa. Klub dari dua negara itu siap berhadapan untuk merebut tahta sepak bola Eropa.

Hubungan antara Berlin dan Madrid senantiasa tegang. Dengan dibayangi krisis ekonomi berkepanjangan yang melanda Spanyol, sepak bola negara itu seakan tidak terimbas oleh akibat krisis itu. Kedua klub itu kini punya kesempatan tampil di final di Wembley.

Lolosnya dua klub dari Bundesliga itu merupakan peristiwa bersejarah bagi sepak bola Jerman. Belum pernah terjadi dua klub dari Bundesliga siap saling berhadapan di final Liga Champions. 

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013